Apa itu riset keyword? pengertian dan contoh cara mencari kata kunci

Apa itu riset keyword? Bagi kalian yang mempunyai blog atau website dan hobby menulis artikel pasti pernah mendengar istilah ini.  Apalagi jika kalian sedang memperdalam ilmu SEO (Search Engine Optimization), riset keyword ata kata kunci merupakan bagian paling penting dalam Pengertian SEO. Tanpa melakukan riset kata kunci,  blog atau website kalian akan sepi pengunjung.

Sebelum mulai membahas apa itu riset keyword, ada baiknya kita pahami dahulu kata demi kata nya.

Apa itu riset keyword? Pengertian dan contoh cara mencari kata kunci

Pengertian Riset

Menurut Wikipedia :
Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.

Jika disimpulkan arti riset merupakan suatu proses penelitian untuk mendapatkan fakta dan data  terkait atau yang berhubungan dengan sesuatu yang sedang kita teliti. Tentu saja yang kita teliti disini adalah kata kunci atau keyword.

Apa itu  keyword / kata kunci

Arti keyword (Kata Kunci) adalah kata atau sekumpulan kata yang sering digunakan seseorang untuk mencari sesuatu di internet dengan mesin pencari  seperti Google, Bing, Yahoo dll. Kata kata inilah yang disimpan oleh mesin pencari untuk menganalisa dan menentukan informasi yang relevan dan menampilkannya pada hasil pencarian.

Kata kunci juga bisa diartikan sebagai kata-kata umum yang sering diketikkan oleh pengguna internet untuk memperoleh informasi yang mereka inginkan.

Riset keyword adalah…

Ada yang sudah bisa menjawab apa itu riset keyword?

berarti kita melakukan penelitian terhadap kata-kata kunci apa yang sering diketikkan seseorang di mesin pencari sesuai dengan topik yang kita inginkan. Dalam hal ini kita akan membandingkan data-data tingkat persaingan, berapa banyak pengunjung (Search Volume) dan juga saran kata kunci yang masih berkaitan dengan keyword yang kalian cari.

Tujuannya untuk menargetkan artikel yang akan kita buat agar relevan dengan keyword yang sudah kita tentukan, dengan begitu akan mendapatkan peringkat yang baik pada hasil halaman mesin pencari atau SERP (Search Engine Result Pages). Semakin tinggi peringkat artikel kita pada SERP maka pengunjung blog kita pun semakin meningkat.

Contoh cara riset keyword

Pertama tentukan dahulu keyword utama atau kata kunci utama yang terdiri dari satu atau dua kata saja.  Untuk menentukan kata kunci utama bisa berdasarkan jenis blog atau website kalian.

Misalnya blog atau website kalian berisi tentang tanaman hias, maka “tanaman hias” inilah yang akan menjadi kata kunci utama. Selanjutnya tinggal menentukan keyword turunannya yang memiliki kata lebih panjang.

Contoh Keyword Turunan:

  • Tanaman hias gantung
  • Cara merawat tanaman hias
  • Jenis-jenis tanaman hias

Keyword turunan dari kata kunci utama ini disebut Long Tail Keyword, Sedangkan Kata kunci utama disebut Short Tail Keyword.

Nah itu hanyalah contoh kecil saja bagaimana cara riset keyword, penjelasan lebih mendalam akan kita bahas sama-sama pada artikel berikutnya,  sebenarnya untuk menentukan Long Tail Keyword kalian bisa menggunakan google keyword planner gratis yang sudah disediakan oleh google, atau bisa juga menggunakan Ubbersuggest, keywordtool.io, SEMrush, MOZ, dan masih banyak lainnya.

Kalian sudah paham kan Apa itu Riset keyword? Tetapi sebelum melanjutkan untuk mempelajari riset kata kunci, kalian harus membaca dan memahami terlebih dahulu jenis-jenis keyword agar lebih memudahkan kalian dalam mencari kata kunci yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here