Belajar Excel: rumus vlookup dan hlookup beserta contohnya

VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan salah satu fungsi di Microsoft excel yang wajib kamu kuasai, apa sih vlookup dan hlookup? Bagaimana cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup? Nah di artikel ini akan saya bahas pengertian beserta contoh rumus vlookup dan hlookup.

Sebelum mempelajari rumus vlookup dan hlookup sebaiknya kamu memahami dulu rumus-rumus dasar Microsoft excel, agar lebih mudah memahami. Ya walaupun vlookup dan hlookup masih termasuk rumus dasar di excel, tapi penggunaanya cukup membuat bingung bagi pemula.

Fungsi hlookup dan vlookup

Sama seperti fungsi lookup yang pernah saya jelaskan diartikel sebelumnya, fungsi hlookup dan vlookup digunakan untuk mencari dan menampilkan data dari suatu tabel berdasarkan nilai kunci tertentu. Nilai kunci ini berupa sel referensi yang biasanya berisi kode, contohnya kode buku, kode jabatan dan lain sebagainya.

Perbedaan dari vlookup dan hlookup terletak pada susunan tabel sumbernya, jika tersusun secara vertikal maka yang digunakan adalah fungsi vlookup. Sebaliknya jika tabel sumbernya tersusun secara horisontal maka yang digunakan adalah fungsi hlookup.

contoh tabel vertikan dan horisontal

Rumus vlookup dan hlookup

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Atau

=HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])

  • lookup_value – nilai kunci atau sel referensi untuk pencarian data yang akan dicocokan dengan tabel sumber
  • table_array – sumber tabel atau range yang berisi data yang ingin dicari, kolom pertama akan menjadi sel referensi
  • col_index_num – (vlookup) Urutan kolom yang akan diambil nilainya pada tabel vertikal
  • row_index_num – (hlookup) Urutan baris yang akan diambil nilainya pada tabel horisontal
  • range_lookup – Argumen opsional (boleh dikosongkan), berisi nilai TRUE atau FALSE. Jika dikosongkan secara default akan tersisi nilai TRUE yang berarti data akan dicocokan berdasarkan aproksimasi matematika. Bila diisi FALSE fungsi akan melakukan pencocokan secara numerik dan harus sama, jika tidak ada yang sesuai akan mengembalikan nilai #N/A

Cara menggunakan vlookup dan hlookup

Setelah mengetahui rumus vlookup dan hookup sekarang kita masuk ke pembahasan bagaimana cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup tersebut. Disini saya akan memberikan contoh sederhananya saja, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini

contoh soal vlookup dan hlookup excel

Dari tabel diatas kita akan mengisi kolom yang masih kosong dengan menggunakan rumus vlookup dan hlookup, tabel barang dan tabel diskon merupakan tabel referensi atau tabel sumber yang akan dicocokan berdasarkan kode barang. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Untuk mempermudah, terlebih dahulu buat nama dari range tabel barang B16:D19
    cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup excel
  2. Kita akan mencari nama barang pada sel C7 berdasarkan kode barang di sel B7, rumusnya adalah =VLOOKUP(B7,barang,2,FALSE). Angka 2 pada rumus tersebut adalah col_index_num yaitu urutan kolom yang akan diambil nilainya. Gunakan autofill untuk mengisi sel dibawahnya.
    cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup excel
  3. Untuk mengisi harga pada sel D7 rumusnya hampir sama, kita hanya perlu mengganti col_index_num menjadi 3 untuk mendapatkan nilai pada kolom harga di tabel barang. rumusnya menjadi =VLOOKUP(B7,barang,3,FALSE)
    cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup excel
  4. Selanjutnya beri nama pada range G15:J16 karena disini kita akan mengisi kolom Disc yang datanya diambil dari table diskon menggunakan rumus hlookup
    cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup excel
  5. Karena tabel diskon tersusun secara horisontal maka menggunakan fungsi hlookup untuk mendapatkan nilainya. Rumusnya adalah =HLOOKUP(B7,diskom,2,FALSE)
    cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup excel
  6. Sampai disini contoh menggunakan rumus vlookup dan hlookup sederhana sudah selesai, selebihnya untuk mengisi subtotal kamu bisa menggunakan rumus perhitungan dengan terlebih dahulu mengisi Qty secara manual
    contoh soal rumus vlookup dan hlookup
  7. Untuk Total gunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan subtotal, rumusnya adalah =SUM(G7:G10)
    contoh soal vlookup dan hlookup

Nah itulah pengertian fungsi vlookup dan hlookup juga contoh cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup excel yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memplajari dan menjadi mahir Microsoft excel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here