Cara cek Ping Internet yang tidak stabil lewat CMD

Cara cek ping internet – Setiap orang pasti menginginkan koneksi internet yang cepat dan stabil, apalagi bagi kalian yang suka download dan streaming video. Internet yang lambat membuat aktivitas kita di dunia maya jadi terganggu, bahkan terkadang membuat kesal penggunanya.

Sering kali kita tidak tahu apa penyebab koneksi internet menjadi sangat lambat, memang ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Seperti kabel LAN yang sudah tidak bagus, kondisi router yang usang, faktor cuaca dan bisa jadi ISP (Internet Service Provider) yang kamu gunakan sedang bermasalah atau ada gangguan sehingga menyebabkan koneksi internet yang tidak stabil.

Biasanya untuk mengetahui penyebab koneksi internet yang lambat, kita melakukannya dengan cara cek ping di cmd (Command Prompt). Dengan mengecek ping ini kamu bisa mengetahui dan menguji koneksi antar perangkat komputer yang saling terhubung termasuk koneksi internet.

Ping merupakan suatu perintah yang digunakan untuk memeriksa koneksi jaringan berbasis TCP/IP dengan mengirimkan paket sinyal ke alamat IP yang dituju kemudian memberikan informasi respon yang dihasilkan.

Cek Ping Router

Jika koneksi internet menggunakan kabel LAN ataupun WIFI yang terhubung ke router, yang pertama harus kalian cek ping yaitu koneksi ke routernya.

Untuk itu kalian perlu mengetahui alamat IP router tersebut, cara paling mudah mengetahuinya yaitu dengan mengetikkan IPCONFIG /ALL di command prompt, dan lihat pada bagian Default gateaway.

cara cek ping internet

 

Setelah mengetahui alamat IP router selanjutnya lakukan cek ping dengan cara mengetik ping dilanjutkan dengan alamat ip router tersebut. Contoh: ping 192.168.43.1

cara cek ping internet

 

Pada gambar di atas ping berjalan normal, menandakan koneksi berjalan lancar. Perhatikan juga bagian time dari setiap respon, semakin kecil nilainya maka semakin cepat koneksinya.

Normalnya perintah cek ping tersebut akan dijalankan sebanyak 4 kali, tambahkan atribut “-t” agar pengecekan ping dijalankan terus menerus. Perintahnya menjadi seperti ini “Ping 192.168.43.1 -t”.

Lain halnya jika respon yang diberikan terdapat nilai Destination unreachable atau Request timed out, menandakan ada masalah koneksi antara perangkat yang kamu gunakan dengan router.

cara cek ping internet

 

Solusinya jika kamu menggunakan kabel LAN coba ganti dengan yang baru atau lakukan crimping ulang pada bagian RJ45. Untuk yang menggunakan wifi coba dekatkan perangkat dengan router, pastikan tidak ada yang menghalangi sinyal wifi.

Kamu juga bisa melakukan cek ping ke komputer lain yang terhubung di jaringan yang sama, yaitu dengan cara mengetikkan ping diikuti dengan alamat IP nya. Saya sarankan untuk menggunakan IP statis pada setiap komputer agar memudahkan pengecekan, caranya bisa kamu lihat di cara setting IP statis.

Bila cek ping ke router hasilnya tidak ada masalah atau tidak terdapat request timed out, selanjutnya kamu bisa melakukan cek ping internet. Caranya sama, kita masih bisa menggunakan perintah ping di CMD untuk melakukan itu.

Cara cek ping internet

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan Logo Windows + R dan ketik cmd pada jendela RUNmenjalankan command prompt
  2. Selanjutnya ketikkan perintah “ping 8.8.8.8 -t” dan tekan entercara cek ping internet

Alamat 8.8.8.8 merupakan DNS google yang biasa digunakan untuk mengecek status koneksi internet, tetapi tidak diharuskan menggunakan alamat tersebut. Kamu bisa menggunakan alamat situs langsung seperti “ping google.co.id -t” atau “ping sharingpctutorial.com -t”.

cara cek ping internet

 

Sama seperti sebelumnya, perhatikan respon yang dihasilkan. Nilai time sangat penting saat melakukan cek ping internet, semakin kecil angkanya menandakan kecepatan koneksi internet yang bagus.

Sebaliknya jika nilai time diatas 200 atau bahkan melebihi 1000, sudah bisa dipastikan ISP yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan. Sama halnya jika terdapat nilai request timed out, segera hubungi pihak ISP untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Itulah cara cek ping yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui koneksi internet, cara diatas merupakan cara yang biasa saya gunakan saat terjadi masalah di jaringan entah itu dirumah ataupun kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here