Cara mematikan update windows 7 permanen dengan mudah

Saat komputer ataupun laptop yang kalian gunakan terhubung dengan internet, sistem operasi Windows secara otomatis akan melakukan pengecekan patch dan service terbaru dari Microsoft, biasanya berisi pembaruan/update keamanan maupun perbaikan bug.

File update tersebut akan di didownload secara otomatis tanpa kalian sadari, karena proses download ini berjalan di background/latar belakang service. Kalian baru akan menyadarinya pada saat mematikan atau merestart komputer, karena proses installasi update ini akan berjalan pada saat komputer dimatikan ataupun direstart. Proses nya ditandai dengan munculnya pemberitahuan “Please do not power off or unplug your machine.  Installing Update”.

Tujuan update windows ini sebenarnya baik, untuk menjaga sistem operasi windows di komputer yang kalian gunakan tetap up to date dengan patch dan service terbaru dari Microsoft, tentunya dengan perbaikan kemanan untuk mencegah kehilangan data yang disebabkan oleh virus ataupun upaya peretasan pada komputer yang kita gunakan.

Jika kalian menggunakan versi original memang disarankan untuk selalu mengupdate nya secara rutin, akan tetapi bagi para pengguna versi non original mengaktifkan fitur update windows malah akan menjadi petaka, Karena akan terdeteksi dan membuat beberapa fitur tidak bisa dijalankan. Tanda – tanda nya background akan berwarna hitam dan terdapat tulisan “Windows is not genuine” di pojok kanan bawah layar.

Akan tetapi banyak pengguna lebih memilih mematikan fitur update windows tersebut,
karena proses penginstalannya terkadang butuh waktu lama tergantung dari berapa banyak patch dan service yang perlu di perbarui, bahkan bisa melebihi 1 jam dan beberapa kali restart. Dan ada juga yang mengalami error setelah penginstalan update tersebut, tentu sangat merepotkan jika kita sedang ada pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat.

Hal inilah yang membuat sebagian orang lebih memilih untuk mematikan windows update, terutama bagi pengguna versi non original mematikan windows update ini harus kalian lakukan. Berikut ini saya akan memberikan cara mematikan update windows 7 permanen.

Cara mematikan update windows 7 permanen

  1. Pertama buka menu control panel, caranya bisa dari Start Menu kemudian pilih control panel atau dengan menekan logo Windows+R untuk membuka RUN lalu ketikkan “control panel”

  2. Kemudian pilih bagian System and Security

  3. Pada bagian Windows Update, Pilih link dibawah nya yang bertuliskan Turn Automatic Updating On or Off


  4. Pada tab Important updates pilih option Never check for updates

  5. Klik Ok untuk menyimpan settingan.

Itulah cara mematikan update windows 7 permanen, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here