Mudah!! gunakan 3 cara ini untuk masuk safe mode windows 10

Hai sobat Sharing PC Tutorial, kali ini saya akan membagikan cara masuk safe mode windows 10. Ada 3 cara yang bisa digunakan untuk mengakses safe mode, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya diartikel ini.

Apa itu safe mode?

Safe mode merupakan salah satu pilihan booting di sistem operasi windows, dimana pada mode ini hanya menjalankan aplikasi sistem dan driver penting saja. Program atau aplikasi yang bukan sistem tidak akan dijalankan.

Kapan menggunakan Safe mode? Apa manfaatnya?

Safe mode sangat berguna saat ada masalah atau terjadi error di sistem operasi windows, apalagi error yang disebabkan karena menginstall aplikasi yang tidak cocok (Compatible), terkadang malah membuat laptop menjadi freeze atau hang.

Melalui safe mode aplikasi selain sistem tidak akan berjalan, dengan begitu memudahkan kita untuk memperbaikinya.

Selain itu safe mode juga berguna saat komputer terkena virus atau malware, menghilangkan virus di safe mode lebih efektif dibandingkan mode normal.

Karena di safe mode virus atau malware juga tidak bisa berjalan otomatis dan mempertahankan diri, dengan begitu akan lebih mudah melakukan proses scanning Antivirus. Gunakan Antivirus gratis terbaik yang saya rekomendasikan ini.

Bagaimana cara masuk safe mode windows 10?

3 cara berikut ini bisa sobat gunakan untuk mengakses dan menjalankan safe mode di windows 10. Karena berbeda dengan mode normal, diperlukan Restart PC / Laptop untuk masuk safe mode.

Melalui System Configuration

  1. Tekan secara bersamaan Logo windows + R untuk membuka jendela RUN, lalu ketikkan msconfig
    membuka system configuration
  2. Sobat juga bisa membuka System Configuration dengan mencarinya di Start menu.
    membuka system configuration dari start menu
  3. Pilih tab Boot dan aktifkan ceklis Safe boot pada boot options.
    cara masuk safe mode windows 10
  4. Klik tombol Apply dan Ok, akan muncul notifikasi untuk melakukan restart. Pilih restart untuk langsung reboot dan masuk safe mode.
    cara masuk safe mode windows 10

Akses kembali System Configuration dan hilangkan ceklis pada Safe boot untuk mematikannya jika saat booting windows selalu masuk safe boot.

Melalui Windows Setting

  1. Buka Windows setting dari start menu (Logo gerigi), Sobat juga bisa membuka menu setting dengan cara menekan Logo windows + I di keyboard secara bersamaan.
    buka setting dari start menu windows 10
  2. Kemudian cari dan pilih update & security
    windows 10 setting
  3. Klik pada tab Recovery di sebelah kiri, kemudian pada bagian Advanced startup klik tombol Restart now.
    windows 10 setting recovery
  4. Setelah restart akan tampil menu Choose an option, pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup setting
    Cara masuk safe mode windows 10Cara masuk safe mode windows 10 Cara masuk safe mode windows 10
  5. Akan muncul beberapa pilihan booting, gunakan tombol F1 sampai F9 untuk memilih safe mode berdasarkan urutannya.
    mengakses safe mode di windows 10

Menekan tombol F8 saat booting

Cara ini yang paling mudah, yaitu dengan menekan tombol F8 beberapa kali saat proses booting. Biasanya saat kita pertama kali menghidupkan laptop atau kompuer, akan muncul model dari mainboardnya (bisa juga berupa merk laptop).

Nah saat itulah sobat bisa menekan F8 beberapa kali sampai logo nya menghilang, Jika menggunakan versi windows 7 menu safe mode akan langsung tampil dan bisa langsung dipilih.

Sedangkan untuk masuk safe mode di windows 8 dan 10 sobat bisa mengakses  Troubleshoot > Advanced Options > Startup setting sama seperti cara kedua diatas.

mengakses safe mode di windows 10

Nah itulah 3 cara masuk safe mode di windows 10 yang bisa sobat gunakan, jika ada masalah dengan cara diatas sobat bisa bertanya di kolom komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here