Cara melihat dan mengganti MAC address di windows

MAC (Media Access Control) Address merupakan sebuah kode unik yang mengidentifikasikan perangkat keras pada suatu jaringan.

Penggunaan MAC address pada komputer diberikan pada NIC (Network Interface Card), kita lebih mengenalnya dengan sebutan kartu jaringan yang berguna untuk menghubungkan komputer tersebut ke jaringan.

Mac address juga sering disebut sebagai Physical Address yaitu alamat fisik yang menandakan komputer tersebut pada suatu jaringan.

Cara melihat MAC address di komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan perintah ipconfig /all di jendela command prompt.

Cara melihat MAC address

    • Buka command prompt dengan menekan logo windows + R secara bersamaan lalu ketikkan cmd. Kalian juga bisa membukanya dari start menu dengan mengetikkan cmd.
      cara melihat mac address dari command prompt
    • Selanjutnya ketikkan perintah ipconfig /all dilanjutkan dengan menekan enter.
      cara melihat mac address di windows
    • Perintah diatas akan menampilkan informasi semua kartu jaringan yang terinstal, setiap kartu jaringan memiliki MAC address yang unik dan berbeda-beda.

Baca juga: Cara menghubungkan hotspot HP ke laptop

Cara merubah MAC address

Kalian juga bisa mengganti MAC address jika diperlukan, contohnya saat ada alamat MAC yang sama pada suatu jaringan maka akan menyebabkan Conflict dan membuat salah satu komputer tidak dapat terhubung dan berkomunikasi dengan komputer lainnya.

  1. Buka device manager dengan cara mengetikkannya di start menu
    cara merubah mac address di windows 10
  2. Buka pada bagian Network Adapters, kemudian klik kanan > properties di salah satu kartu jaringan yang ingin dirubah
    cara merubah mac address di windows 10
  3. Aktifkan tab Advanced dan pilih opsi Network Address, isikan Mac address baru pada kolom value
    cara merubah mac address di windows 10

Setelah mengganti alamat MAC sobat perlu melakukan restart komputer / laptop terlebih dahulu untuk menerapkan perubahan, atau bisa juga dengan mendisable lalu enable kan kembali kartu jaringan di menu control panel > network and sharing center > change adapter setting.

Itulah cara melihat dan merubah MAC address di komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here