Cara melihat pembaruan yang sudah terinstal di windows 10

Seperti kita tahu windows update akan berjalan otomatis di semua versi windows, termasuk windows 10.

Sistem akan melakukan pengecekan saat terhubung ke internet dan jika ada update yang tersedia, maka komputer atau laptop akan mengunduhnya tanpa kita sadari.

Kita baru akan menyadarinya saat file update tersebut sudah selesai di download, biasanya akan muncul pemberitahuan di pojok kanan bawah layar.

Bila update nya berupa pembaruan sistem, proses installasinya akan dijalankan saat komputer dimatikan atau direstart. Lain halnya update berupa pembaruan aplikasi, windows akan langsung menginstal nya tanpa pemberitahuan apapun.

Untuk melihat history update atau pembaruan apa saja yang sudah terinstal, sobat bisa mengetahuinya melalui cara ini.

Cara melihat history update windows 10

  1. Buka setting dari start menu atau dengan menekan logo windows + I secara bersamaan
    cara melihat history update windows 10
  2. Scroll kebawah dan cari update & security
    cara melihat history update windows 10
  3. Pada tab Windows update klik link view update history
    cara melihat history update windows 10
  4. Jika ada file update yang baru saja terdownload, maka semua akan ditampilkan di menu ini. Windows akan otomatis menginstal update yang berupa pembaruan aplikasi, sedangkan untuk pembaruan sistem biasanya akan ditampilkan tombol bertuliskan Restart Now. Kalian bisa mengklik tombol tersebut untuk langsung merestart dan proses instal update akan dijalankan.
    cara melihat history update windows 10
  5. Untuk melihat semua update yang sudah terinstal sepanjang waktu, klik link uninstall update
    cara melihat history update windows 10
  6. Sobat akan diarahkan ke menu Installed update yang ada di Control Panel, Kalian bisa melihat detail update yang terinstal termasuk waktu penginstalan. Disini juga kita bisa menghapus dengan cara klik kanan lalu pilih Uninstall.
    cara melihat history update windows 10

Setiap pembaruan akan memiliki nomor KB (Knowledge Base) yang berbeda-beda, sebagai informasi dan untuk memudahkan proses pencarian jika sewaktu-waktu ada masalah pada update tersebut.

Itulah cara melihat history update di windows 10, ada baiknya sobat selalu mengecek setiap pembaruan yang tersedia. Untuk menjaga sistem operasi windows 10 yang kalian miliki tetap terjaga dari celah BUG yang bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here