Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

Saat laptop berhasil tersambung ke suatu jaringan WiFi, secara otomatis sistem Windows akan menyimpan data informasi dari jaringan tersebut. Termasuk SSID dan juga password yang kita gunakan untuk terhubung ke Wifi itu.

Tentunya ini sangat membantu dan memudahkan jika kita sering menggunakan wifi yang sama, contohnya wifi kantor atau rumah. Dengan begitu kita tidak perlu repot lagi untuk menginput ulang password setiap kali akan tersambung.

Namun terkadang, kita menjadi lupa password wifi tersebut. karena terlalu sering terhubung langsung ke wifi tanpa memasukan kata sandinya

Saat ingin menyambungkan perangkat baru atau ada teman yang bertanya passwordnya kita jadi tidak tahu. Nah di artikel ini saya akan membagikan cara melihat password wifi yang tersimpan, ada dua cara yang bisa kamu gunakan yaitu melalui Command Prompt dan Network Status.

Yang pertama akan saya bahas ini melihat password wifi yang tersimpan melalui cmd, kelebihan cara ini kamu bisa melihat password nya tanpa harus terhubung ke jaringan wifi itu sendiri. Cara ini juga yang paling mudah dan bisa digunakan di windows 7, 8 dan windows 10.

Melalui Command Prompt ( CMD )

  1. Jalankan Command Prompt
  2. Ketikan perintah netsh wlan show profiles dan tekan Enter. Perintah tersebut akan menampilkan semua profie atau SSID yang pernah terhubung di laptop
    cara melihat password wifi lewat cmd
  3. Untuk mengetahui password wifi salah satu SSID ketikan perintah netsh wlan show profiles name=”nama SSID” key=clear kemudian tekan Enter. Ganti nama SSID dengan nama profile yang ingin dilihat passwordnya, tanda petik diperlukan untuk nama SSID yang mengandung spasi.
    cara melihat password wifi lewat cmd
  4. Akan tampil informasi detail dari SSID yang dipilih, termasuk kata sandinya. Lihat pada bagian Key Content yang merupakan informasi password dari wifi tersebut.
    cara melihat password wifi lewat cmd

Yang selanjutnya ini cara melihat password wifi di windows 10 melalui Network & Internet settings. Jika menggunakan cara ini komputer atau laptop harus terhubung dengan jaringan wifi tersebut.

Baca juga: Cara mengatasi laptop tidak bisa konek wifi

Cara melihat password wifi di windows 10

  1. Klik kanan pada icon wifi di notification bar pojok kanan bawah dan pilih Open Network & Internet settings
    cara melihat password wifi di windows 10
  2. Pada bagian Status pilih Network and sharing center
    cara melihat password wifi di windows 10
  3. Klik koneksi wifi yang sedang aktif pada bagian View your active networks
    cara melihat password wifi di windows 10
  4. Akan muncul menu dialog wifi status, klik tombol Wireless Properties
    cara melihat password wifi di windows 10
  5. Selanjutnya pilih tab Security dan aktifkan ceklis Show characters untuk melihat password wifi
    cara melihat password wifi di windows 10

Berbeda dengan versi windows 7 sebelumnya, pada windows 10 memang ada sedikit perbedaan pada tampilan dan langkah-langkah untuk membuka network and sharing center.

Tetapi semua itu masih bisa diatasi dari menu Control Panel, seperti yang kita tahu di semua versi windows control panel masih ada dan masih bisa digunakan. Berikut ini cara membuka network and sharing center melalui control panel

  1. Buka Control Panel dari start menu dan pilih Network and Internet
    cara melihat password wifi di windows 10
  2. Selanjutnya Pilih Network and Sharing Center
    cara melihat password wifi di windows 10

Nah itulah cara melihat password wifi tersimpan di windows 10 yang bisa kamu praktekan, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here