2 cara mematikan mode Sleep otomatis di windows 10

Hai sobat Sharing PC Tutorial, kalian pasti pernah mengalami komputer/laptop mati otomatis saat tidak digunakan. Itu terjadi karena fitur Sleep yang ada di windows, nah di artikel ini saya akan membagikan cara mematikan mode sleep di windows 10.

Kadang saat sedang download file berukuran besar atau saat menginstal aplikasi yang membutuhkan waktu lama, kita sengaja membiarkan laptop / PC tetap menyala dan meninggalkannya.

Tapi yang terjadi malah windows otomatis mengaktifkan mode sleep, dan bisa saja file yang sedang di download menjadi gagal. Tentu ini sangat menjengkelkan.

Windows akan otomatis menjalankan mode sleep saat tidak digunakan atau tidak ada aktifitas, tujuannya untuk mengurangi dan menghemat pemakaian daya.

Sobat bisa mematikan mode sleep di windows 10 dengan dua cara berikut ini, agar nantinya pekerjaan kalian tidak sia-sia, baik saat mendownload file atau menginstal aplikasi dengan waktu lama.

Baca juga: Cara menonaktifkan User Account Control (UAC) di windows 10

Cara menonaktifkan mode Sleep di Windows 10

    1. Buka Windows Settings (Logo gerigi) dari start menu, bisa juga dengan menekan Logo Windows + I secara bersamaancara mematikan mode sleep di windows 10
    2. Pada Windows 10 Settings pilih bagian Systemcara mematikan mode sleep di windows 10
    3. Pilih Power & Sleep di menu sebelah kiri dan rubah pengaturannya menjadi Never. Pastikan kalian merubah keduanya, pada opsi saat di chargeĀ (When plugged in) maupun menggunakan baterai (On Battery power).cara mematikan mode sleep di windows 10

Nah sekarang laptop atau komputer sudah tidak akan masuk ke mode sleep lagi, kamu sudah bisa meninggalkan laptop saat download tanpa perlu khawatir gagal lagi.

Baca juga: Cara Ampuh menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Selain cara diatas, merubah pengaturan sleep juga bisa dilakukan melalui Control Panel. Biasanya cara ini digunakan pada versi windows sebelumnya, jadi untuk kamu yang menggunakan versi windows 7 bisa menggunakan cara dibawah ini.

Cara mematikan Sleep Melalui Control Panel

    1. Buka Control Panel dan pilih System and securitycara mematikan mode sleep di windows 10
    2. Pada bagian Power Options klik pada link Change when the computer sleepscara mematikan mode sleep di windows 10
    3. Rubah pengaturannya menjadi Never, baik itu saat menggunakan baterai ataupun saat di chargecara mematikan mode sleep di windows 10
    4. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Itulah cara menonaktifkan / mematikan mode sleep di windows 10, sekarang kalian sudah berhasil mencegah komputer atau laptop yang digunakan masuk mode sleep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here