Cara membuat File ZIP dan Rar di Windows 10 dengan MUDAH!!!

Cara membuat file ZIP dan RAR – Saat hendak mengirim banyak berkas atau file melalui email, tentu sangat merepotkan apabila kita harus mengupload nya satu persatu. Telebih lagi jika jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan, karena bisa saja ada salah satu file yang terlewatkan.

Akan lebih mudah jika kita bisa menggabungkannya menjadi satu dahulu seperti di dalam folder, namun tidak merubah file-file yang ada didalamnya. Dengan begitu prosesnya akan lebih cepat tanpa takut ada salah satu file yang gagal.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat file ZIP atau Rar, yaitu mengompresi beberapa berkas ke dalam satu file layaknya pengarsipan data.

Untuk membuat file ZIP sangatlah mudah, beberapa sistem operasi terbaru saat ini sudah bisa melakukannya tanpa perlu menginstal aplikasi lagi. Berbeda dengan kompresi Rar, kita membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuatnya.

Cara membuat File ZIP di Windows 10

  1. Seleksi beberapa berkas yang ingin digabungkan, bisa juga dengan memilih foldernya langsung
  2. kemudian klik kanan dan pilih Send to > Compressed (zipped) foldercara membuat file zip dan rar di windows 10
  3. Tunggu proses kompresi file sampai selesai, lama waktunya tergantung dari ukuran dan banyaknya file tersebutcara membuat file zip dan rar di windows 10
  4. File ZIP yang dibuat akan berada di lokasi yang sama dengan file aslinyacara membuat file zip dan rar di windows 10

Nah itu tadi cara membuat file ZIP, kita bisa langsung kompresi beberapa file sekaligus dengan mudah. Sedangkan untuk membuat file RAR kamu membutuhkan sebuah software kompresi RAR, yang paling umum dan banyak digunakan untuk Windows 10 yaitu WinRar.

Cara membuat file Rar

  1. Download dan Instal WinRar
  2. Klik kanan pada file atau folder lalu pilih Add to “nama file.rar”, menu ini akan otomatis ditambahkan jika sudah menginstal WinRarcara membuat file zip dan rar di windows 10
  3. Tunggu proses kompresi sampai selesai, lama waktu tergantung dari ukuran dan banyaknya filecara membuat file zip dan rar di windows 10
  4. File Rar yang baru dibuat akan berada di lokasi yang sama dengan file aslinya

Dengan WinRar, kamu bisa membuat file Rar dengan ukuran kompresi yang tidak terbatas dan kualitas tinggi. File Rar sendiri dapat mengompresi hingga 70% dari ukuran data dengan tidak merubah dari ukuran aslinya.

Selain itu terdapat fitur proteksi berupa password yang bisa ditambahkan saat membuat file Rar/ZIP, dengan begitu tidak sembarang orang bisa mengakses file yang terdapat di dalamnya.

Cara membuat file ZIP dan Rar dengan Password

  1. Klik kanan pada file atau folder kemudian pilih Add to archivecara membuat file zip dan rar dengan password
  2. Isikan nama file pada kolom Archive name
  3. Pilih untuk membuat file RAR atau ZIP pada Archive format
  4. Klik tombol Set passwordcara membuat file zip dan rar dengan password
  5. Masukan password dan ulangi untuk memverifikasi password, kemudian klik OKcara membuat file zip dan rar dengan password
  6. Tunggu proses kompresi sampai selesai

Nah itulah cara membuat file ZIP dan RAR menggunakan WinRar, untuk membuka atau mengekstrak file yang ada didalamnya pun cukup mudah. Yaitu dengan cara klik kanan pada file ZIP/RAR kemudian pilih Extract here

cara membuka file rar di windows 10

Jika file ZIP atau RAR nya menggunakan password, maka saat membuka file kompresi tersebut akan muncuk kotak dialog untuk memasukan password.

cara membuka file rar yang di password

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here