Cara membuat tabel di word 2016 paling lengkap

Hai sobat Sharing PC Tutorial, kembali lagi nih di tutorial Microsoft office. Apa yang akan kita bahas kali ini? di artikel ini saya akan membagikan cara membuat tabel di word 2016.

Pasti kamu sudah tau kan apa itu Microsoft word, salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan saat ini.

Tentunya dalam menyampaikan sebuah data yang baik dan benar kita membutuhkan tabel. Selain agar terlihat rapih, informasi yang disampaikan pun akan lebih mudah dibaca dan dipahami.

Untuk membuat tabel di word, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan. Microsoft word sudah memberikan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya membuat tabel dengan sangat cepat dan mudah, mari kita bahas satu persatu.

Cara membuat tabel di word 2016

  1. Pada jendela Microsoft word arahkan pada tab Insert dan klik menu Table
  2. Selanjutnya akan tampil menu dropdown dengan tampilan kotak-kotak berjumlah 10 kolom dan 8 baris, arahkan kursos pada kotak tersebut dan sesuaikan jumlah baris dan kolom yang kamu inginkan kemudian klik kiri pada mouse
    cara membuat tabel di word
  3. Tabel akan langsung dibuat, tempatkan kursos pada salah satu kotak untuk menambahkan teks di dalamnya.
  4. Gunakan tombol TAB untuk berpindah ke kolom berikutnya atau bisa juga dengan menggunakan tombol panah kiri, kanan, atas dan bawah pada keyboard.

Insert Table

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat tabel di word. Nah kamu juga bisa membuat tabel dari menu Insert Table, cara ini akan menghasilkan tabel yang sama persis dengan cara pertama diatas.

  1. Buka kembali menu Tables pada tab Insert, tapi kali ini pilih Insert Table
    cara membuat tabel di word
  2. Kemudian akan muncul kotak dialog Insert Table, pada bagian Number of columns isi dengan banyaknya jumlah kolom yang kamu inginkan dan Number of rows merupakan jumlah barisnya
    dialog box insert table
  3. Klik OK dan tabel akan dibuat sesuai dengan jumlah kolom dan baris yang kamu masukan

Draw Table

Cara membuat tabel di word selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur Draw Table. Sama seperti sebelumnya, fitur ini bisa diakses dari menu Insert > Table > Draw Table.

cara membuat tabel di word

Dengan menggunakan fitur draw tabel kamu bisa menggambar sendiri tabel sesuai dengan keinginan, termasuk mengatur lebar dan tingginya.

Inilah salah satu kelebihan menggunakan Draw Table, kamu bisa membuat tabel di word dengan lebar yang berbeda-beda di setiap barisnya. Seperti gambar dibawah ini.

contoh tabel sembarang

Saat fitur Draw table di klik maka kursos akan berubah menjadi pensil, kemudian untuk menggunakannya cukup klik kiri pada mouse lalu tarik untuk mengatur lebar dan tinggi kolomnya.

Jarang yang menggunakan fitur ini untuk membuat tabel di word, karena memang agak sulit dan memakan waktu.

Kamu harus menggambar satu persatu kolom dan barisnya, bayangkan jika kita ingin membuat tabel dengan 10 kolom dan 10 baris tentu akan sangat lama untuk membuatnya.

Convert text to table

Di Microsoft word juga terdapat fitur yang bernama convert text to table, fitur ini memungkin kamu untuk membuat tabel dari teks yang sudah ada.

Fitur convert text to table ini sangat berguna jika kamu ingin merubah tampilan teks menjadi sebuah tabel, tentu ini akan menghemat waktu daripada membuat tabel baru dan menuliskan ulang datanya.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Ikuti langkah-langkah dibawah ini

  1. Seleksi atau blok semua teks yang ingin dijadikan tabel
    cara membuat tabel di word
  2. Pada menu Insert pilih Table -> Convert text to table
    cara membuat tabel di word
  3. Akan muncul kotak dialog Convert text to table, pada bagian Number of Columns dan Number of rows biarkan terisi otomatis. Yang perlu kamu perhatikan yaitu pada bagian Separate text at, maksudnya adalah apa yang akan dibaca sebagai pemisah antar kolomnya di setiap baris teks tesebut
    convert text to tableJika menggunakan tab maka pilih Tabs, sebaliknya jika menggunakan tanda koma maka pilih Commas. Pada contoh diatas teks nya dipisahkan menggunakan spasi, maka kita bisa memilih pada bagian Other dan menuliskan tanda pemisahnya yaitu spasi
  4. Klik OK dan sekarang teks tersebut sudah berubah menjadi tabel

Excel Spreadsheet

Cara membuat tabel di word selanjutnya ini yang paling saya suka dan sering saya gunakan, yaitu menggunakan fitur Excel spreadsheet.

Fitur ini mengintegrasikan sistem tabel pada Microsoft excel, tentu saja kamu juga bisa menggunakan rumus-rumus dasar excel untuk memudahkan proses perhitungan.

Layaknya tabel pada excel, kamu juga bisa memakai fungsi-fungsi yang terdapat di excel seperti menghitung nilai rata-rata dengan Average dan fungsi vlookup dan hlookup.

Berikut ini cara membuat tabel di word menggunakan Excel spreadsheet

  1. Pada menu Insert pilih Table -> Excel Spreadsheet
    cara membuat tabel di word
  2. Akan tampil lembar kerja excel lengkap dengan bar menunya, isikan data pada kolom excel tersebut
    excel spreadsheet
  3. Untuk mengatur jumlah kolom dan barisnya klik dan geser pada titik kotak kecil di setiap garis tepinya, sesuaikan agar pas dengan tabel yang kamu buat
    excel spreadsheet
  4. Jika sudah selesai klik bagian kosong di lembar kerja word / diluar kolom excel
    cara membuat tabel di word
  5. Untuk mengeditnya, klik kanan pada tabel tersebut dan pilih Worksheet Object -> Edit
    edit tabel di word

Quick Tables

Nah cara membuat tabel yang satu ini dengan memanfaatkan template yang sudah disediakan Microsoft word, kamu bisa memilih berbagai macam bentuk tabel yang menarik dengan menggunakan fitur Quick tables.

  1. Buka menu Insert kemudian klik Table -> Quick Tables, pilih salah satu template tabel
    cara membuat tabel di word
  2. Tabel akan otomatis dibuat lengkap dengan contoh teksnya, ubah teks sesuai data
    contoh quictables

Fitur ini sangat berguna bagi yang ingin membuat tabel menarik tanpa perlu repot membuatnya.

Mengatur lebar dan tinggi

Saat pertama kali membuat tabel di word, setiap kolomnya akan memiliki lebar dan tinggi yang sama rata.

Nah untuk mengatur lebarnya arahkan kursos pada garis tepi kiri atau kanan kolom sampai kursos berubah menjadi tanda panah dua arah, kemudian klik dan geser.

mengatur lebar kolom tabel

Lakukan hal yang sama untuk mengatur tinggi tiap barisnya, tetapi kali ini arahkan kursos pada garis vertikal tabel

mengatur tinggi kolom tabel

Menambahkan baris dan kolom

Bagaimana jika baris dan kolom pada tabel yang kita buat masih kurang, atau kita ingin menyisipkan baris dan kolom baru pada tabel tersebut.

Di Microsoft word 2016 hal itu bisa dilakukan dengan sangat mudah, cukup arahkan kursos ke setiap garis tepi bagian paling atas sampai muncul tanda plus berwarna biru.

menambah kolom pada tabel word

Klik tanda plus tersebut dan kolom baru akan langsung ditambahkan, untuk menambahkan baris baru, lakukan hal yang sama pada setiap garis sebelah kanan, lihat gambar dibawah ini

menambah baris pada tabel word

Selain cara diatas kamu juga bisa menambahkan baris dan kolom dengan cara klik kanan di salah satu kolom kemudian pilih Insert, terdapat 4 pilihan yaitu menambahkan di atas, bawah, kiri atau kanan dari kolom yang sedang aktif.

menambah baris dan kolom pada tabel word

Menghapus baris dan kolom

  1. Klik kanan pada salah satu kolom yang ingin dihapus, kemudian pilih Delete Cell
    menghapus baris dan kolom pada tabel word
  2. Kotak dialog Delete cell akan muncul dengan 4 pilihan yang bisa kamu pilih salah satunya
    dialog box delete cellsShift Cells Left – menghapus hanya kolom terpilih saja dan data pada kolom berikutnya di baris yang sama akan mengisi kolom yang terhapus
    Shift cells up – menghapus hanya kolom terpilih saja kemudian data dibawahnya akan mengisi kolom yang dihapus
    Delete entire row – menghapus satu baris
    Delete entire column – menghapus satu kolom
  3. Klik OK, pada contoh ini saya menghapus satu baris dengan memilih Delete entire row

Menggabungkan kolom

Untuk menggabungkan beberapa kolom menjadi satu Microsoft word sudah menyediakan fitur yang namanya Merge cells, biasanya digunakan pada data tabel yang memiliki subkategori.

Contoh tabel yang menggunakan merge cells bisa kalian lihat dibawah ini

cara membuat tabel di word

Untuk menggunakan fitur ini caranya cukup mudah, blok beberapa kolom yang ingin digabungkan kemudian klik kanan dan pilih Merge Cells

merge cells pada tabel word

Biasanya jika kalian menggabungkan dua kolom di baris yang berbeda, teks nya akan berada di atas seperti pada gambar dibawah ini. Untuk merubahnya agar rata ditengah pilih menu Layout dan pada bagian Alignment pilih Align Center

alignment teks pada tabel word

Merubah tampilan tabel

Kalau sebelumnya kita sudah membahas fitur Quick table yang membuat tabel dengan template yang sudah disediakan, kamu juga bisa membuat sendiri tampilan tabel yang menarik dari menu Design.

  1. Klik kolom mana saja pada tabel yang ingin dirubah kemudian pilih menu Design, pada bagian Table Styles klik tombol more
    merubah tampilan tabel di word
  2. Pilih salah satu tampilan tabel yang kamu inginkan
    merubah tampilan tabel di word
  3. Tampilan tabel akan berubah sesuai style yang kamu pilih
    cara membuat tabel di word

Ada banyak yang bisa kamu mainkan di menu Design ini, seperti merubah background, ketebalan garis, warna garis dan menghilangkan garis-garis tertentu.

Itulah pembahasan mengenai cara membuat tabel di word 2016, selain dengan tabel kamu juga bisa membuat grafik di word untuk penyajian data yang lebih menarik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here