Cara membuat watermark di word 2016 dengan mudah dan cepat

Cara membuat watermark di word 2016 – Pemberian watermark pada sebuah dokumen maupun video memang perlu dilakukan, terlebih lagi jika file tersebut disebarluaskan secara bebas di internet. Dengan kata lain siapa saja dapat melihat dan mengambilnya, dan bahkan bisa merubahnya tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Biasanya membuat watermark pada dokumen maupun video dimaksudkan untuk mencegah pencurian yang lebih dikenal dengan istilah Plagiarisme, dengan begitu si pemilik memberikan tanda bahwa dokumen tersebut adalah miliknya.

Para blogger biasa menambahkan watermark pada gambar yang terdapat di artikel blog mereka, begitu pula dengan Content Creator yang memberikan watermark pada video hasil karya mereka. Tujuannya tentu saja untuk memberikan hak cipta (Copyright) dan mencegah orang lain menggunakan gambar atau video mereka.

Namun watermark juga bisa digunakan sebagai penghias agar tampilan terlihat lebih menarik, layaknya sebuah gambar latar belakang. Akan tetapi membuat watermark berbeda dengan cara membuat background di word yang sudah saya bahas sebelumnya.

Pada software pengolah kata Microsoft word memang memiliki segudang fitur yang bisa kita manfaatkan, termasuk membuat atau menambahkan watermark pada dokumen. Ada dua jenis watermark yang bisa kamu pilih, yaitu berupa gambar dan teks.

Cara membuat watermark di word 2016

  1. Pada bagian menu bar pilih Design -> Watermark -> Custom Watermark
    cara membuat watermark di word 2016
  2. Selanjutnya akan tampil menu dialog Printed Watermark, untuk menambahkan watermark berupa gambar pilih Picture watermark kemudian klik tombol Select Picture
    cara membuat watermark di word 2016
  3. Berikutnya pada tampilan Insert Picture pilih From a file untuk memilih gambar
    cara membuat watermark di word 2016
  4. Ubah skala gambar pada menu dropdown Scale untuk mengatur ukuran tampilan watermark
    cara membuat watermark di word 2016
  5. Untuk menghilangkan efek transparan pada watermark hilangkan ceklis pada bagian Washout
    cara membuat watermark di word 2016

Membuat watermark berupa teks

  1. Pada menu Printed watermark pilih Text watermark
    membuat watermark berupa teks
  2. Isikan teks yang ingin ditampilakan pada kotak input Text
  3. Pilih tipe Font dan juga ukurannya pada bagian Size
  4. Bagian Color digunakan untuk merubah warna teks yang ditampilkan pada watermark, hilangkan ceklis di bagian Semitransparent untuk menghilangkan efek transparan pada teks
  5. Atur penempatan watermark secara Diagonal atau Horizontal pada bagian Layout
  6. Klik Apply

Baca juga:

Nah itulah cara membuat watermark di word 2016, tidak sulit bukan? Tetapi ingat jangan membuat watermark secara berlebihan yang justru malah menggangu tampilan gambar, dokumen maupun video yang kamu buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here