Cara membuka email di laptop dan hp Android untuk pemula

Electronic Mail atau yang sering kita sebut email merupakan sarana pengiriman surat lewat jaringan internet. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan komputer pastilah tidak sulit menggunakan email, tetapi untuk orang awam mungkin masih belum tau bagaimana cara membuka email di laptop.

Nah diartikel ini saya akan memberikan langkah-langkah cara membuka email baik itu menggunakan laptop ataupun HP android. Biasanya kita menggunakan email untuk keperluan mengirim surat lamaran pekerjan, atau ada juga yang menggunakan email untuk mengirim laporan kepada atasan mereka.

Membuka email sebenarnya tidak lah sulit, bahkan bisa dibilang sangat mudah. Yang paling penting kamu harus sudah memiliki akun email tersebut, buat email baru itu gratis kok tanpa perlu biaya sepeserpun.

Penyedia layanan email gratis yang banyak digunakan saat ini yaitu Gmail dan Yahoo, bagi yang belum memiliki akun email kamu bisa baca Cara membuat email Gmail dan Yahoo yang sudah saya bahas sebelumnya.

Cara membuka email di laptop

Tanpa perlu basa basi lagi, untuk membuka email di laptop dibutuhkan alamat email dan kata sandinya. Alamat email dan kata sandi ini sangat penting untuk kamu ingat, jangan sampai lupa.

1. Membuka email Gmail

  1. Buka browser dan ketikan URL gmail.com di bagian address bar
  2. Klik link Login
  3. Ketikan alamat email Gmail kamu dan klik tombol Berikutnya
  4. Masukan kata sandi dan tekan enter
  5. Email gmail akan terbuka jika alamat email dan kata sandi yang kamu masukan benar

2. Membuka email Yahoo

  1. Buka browser dan ketikan URL yahoo.com
  2. Klik link Email di pojok kiri atas
  3. Ketikan alamat email yahoo kamu dan klik tombol Berikutnya
  4. Masukan kata sandi kemudian klik tombol Masuk
  5. Email yahoo akan terbuka jika alamat email dan kata sandi yang kamu masukan benar

Cara membuka email di HP

Kamu juga bisa membuka email lewat hp loh, ada dua cara membuka email di hp android yang bisa kamu gunakan. Yaitu dengan menggunakan browser dan aplikasi Gmail.

Biasanya di semua HP android sudah terdapat browser bawaan, tergantung dari merk HP itu sendiri. Kamu juga bisa menginstal browser seperti Chrome dan Firefox dengan mendownloadnya dari playstore.

Untuk cara membuka email di HP dengan menggunakan browser caranya sama saja seperti membuka email di laptop yang sudah dijelaskan diatas.

Menggunakan aplikasi Gmail

Untuk membuka email di hp lebih baik kamu menginstal aplikasi pengolah email, supaya lebih memudahkan kamu untuk mengirim dan menerima email dengan cepat. Aplikasi pengolah email yang saya sarankan yaitu aplikasi Gmail, kamu bisa mengunduhnya secara gratis dari playstore.

Biasanya setiap HP android sudah tertaut dengan akun email Gmail pada aplikasi androidnya, email itulah yang akan otomatis terbuka saat kamu menginstal aplikasi Gmail. Namun kamu bisa menambahkan beberapa akun Gmail di aplikasi tersebut, berikut ini caranya:

  1. Buka aplikasi gmail di hp android kamu dan klik tombol Menu di sebelah kiri atas
    cara membuka email di hp
  2. Pilih menu Settings
    cara membuka email di hp
  3. Kemudian pilih Add Account
    cara membuka email di hp
  4. Untuk membuka email Gmail pilih opsi Google, sedangkan untuk akun email yahoo pilih opsi Yahoo
    cara membuka email di hp
  5. Masukan alamat email dan klik tombol Next
  6. Selanjutnya ketikan kata sandi dan klik tombol Next
  7. Email akan terbuka jika alamat email dan kata sandi yang kamu masukan benar

Itulah cara membuka email di laptop dan HP android, bagaimana? Mudah sekali bukan?

Perlu diingat jika kamu membuka email di perangkat milik orang lain, seperti di warnet atau laptop milik teman. Jangan lupa untuk melakukan Log out, untuk mencegah email kamu dibaca dan digunakan untuk keperluan yang tidak baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here