Cara menambahkan background di Microsoft word 2016

Banyak cara yang bisa dilakukan agar sebuah dokumen terlihat lebih menarik dan enak ketika dibaca, salah satunya yaitu dengan menambahkan background atau latar belakang. Background bisa berupa latar belakang warna saja ataupun gambar untuk lebih memperjelas konten.

Menambahkan background juga bisa dilakukan di aplikasi pengolah kata Microsoft word, perangkat lunak keluaran Microsoft ini memang paling diminati dan banyak digunakan untuk membuat sebuah dokumen.

Setelah sebelumnya saya membahas cara membuat garis dan bingkai, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat background di word. Kebetulan yang saya pakai disini versi Microsoft word 2016, tetapi cara ini bisa juga digunakan untuk versi sebelumnya.

Cara menambahkan background di word

  1. Pada menu bar klik bagian Design -> Page Color -> Fill Effects
    cara membuat dan menambahkan background di word
  2. Akan keluar kotak dialog Fill Effects dengan 4 tab yaitu Gradient, Texture, Pattern dan Picture
    cara membuat dan menambahkan background di word
  3. Gradient digunakan untuk menambahkan warna background dengan efek gradasi dari dua warna atau lebih
  4. Pada tab Texture kamu bisa memilih background berupa tekstur yang sudah disediakan
  5. Jika ingin menambahkan background berupa pola desain, aktifkan tab Pattern dan pilih pola yang diinginkan. Kamu juga bisa merubah warnanya sesuai keinginan
  6. Untuk menambahkan background berupa gambar pilih tab Picture -> Select Picture
    cara membuat dan menambahkan background di word
  7. Pilih From a file dan cari gambar
    pilih from a file dan cari gambar
  8. Klik Ok

Baca juga: Cara membuat nomoh halaman di microsoft word

Itulah cara menambahkan background di word, saya rasa tidaklah sulit dan cukup mudah untuk dipraktekan. Jika ingin menambahkan latar belakang hanya satu warna saja kamu bisa menambahkannya langsung dari menu Design -> Page Color kemudian pilih tema warna pada grid yang ada.

Agar dokumen terlihat lebih menarik lagi kamu juga bisa menambahkan grafik di word, dengan begitu data yang disampaikan akan lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh penggunanya.

Selain itu saya juga sudah pernah membahas cara membuat tabel di word yang bisa kamu praktekan, tabel berfungsi agar data yang disampaikan terlihat rapih dan mudah dibaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here