Cara mengatasi Your Connection is not Private saat browsing

Saat sedang mencari-cari informasi di internet, saya sering mendapati pesan peringatan Your Connection is not Private pada browser Google Chrome yang saya gunakan. Entah apa yang menyebabkan masalah ini muncul, akhirnya saya pun mencari cara untuk mengatasi masalah ini.

Mungkin saat ini kamu juga sedang mengalami hal yang sama, untuk itu pada artikel ini saya mencoba untuk membagi solusi yang saya dapatkan.

Peringatan Your Connection is not Private disebabkan karena adanya kesalahan SSL yang membuat browser menganggap koneksi kita tidak aman dan dianggap membahayakan penggunanya.

Baca juga: Panduan Download dan Instal Mozilla Firefox di laptop windows 10

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan peringatan ini muncul saat kita browsing, yaitu bisa karena pengaturan waktu yang tidak sesuai pada laptop, kesalahan pendeteksian Antivirus dan juga bisa karena situs yang kita kunjungi memang belum menerapkan protokol Https dengan benar.

Sebenarnya jika kamu menganggap situs yang akan dikunjungi aman dan tidak berbahaya, peringatan Your Connection is not Private bisa dilewati dengan mudah.

Yaitu dengan mengklik tombol Advanced dan kemudian klik link Proceed to site … (Unsafe), cara ini akan memaksa browser untuk membuka situs tersebut.

cara mengatasi your connection is not private

Namun sebaliknya jika tidak tahu situs yang akan kamu kunjungi aman atau tidak, sebaiknya jangan memaksa untuk melanjutkan. Karena bisa saja situs tersebut memang tidak aman dan membahayakan, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi Your connection is not private dibawah ini.

Cara mengatasi Your Connection is not Private

  1. Waktu dan Tanggal yang Salah

Periksa jam dan tanggal di laptop apakah sudah benar menunjukan waktu saat ini, karena waktu dan tanggal yang salah akan membuat browser mendownload sertifikat SSL yang kadaluwarsa.

Sesuaikan juga pengaturan zona waktu pada control panel, baca Cara mengganti Jam dan Tanggal yang salah di windows 10 jika kamu tidak tahu langkah-langkahnya.

  1. Bersihkan Cache browser

Saat kamu browsing dan membuka banyak website, mungkin salah satunya sharingpctutorial.com ini. Browser secara otomatis menyimpan berkas-berkas seperti Cookies, History dan juga caches yang disimpan pada harddisk, jika sudah terlalu banyak juga dapat menyebabkan peringatan Your connection is not Private ini muncul.

Coba bersihkan data browsing tersebut dengan Cara menghapus Cache di browser Google Chrome yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.

  1. Ekstensi browser yang bermasalah

Beberapa ekstensi browser bisa menggangu verifikasi sertifikat SSL dan menyebabkan peringatan Your connection is not Private muncul, untuk mengatasinya coba cek dengan cara browsing melalui Incognito Browser.

Jika situs bisa terbuka dengan aman, kemungkinan besar penyebabnya karena ekstensi yang terpasang pada browser yang kamu gunakan. Nonaktifkan ekstensi yang dianggap bermasalah atau hapus saja jika tidak terlalu penting.

  1. Antivirus salah mendeteksi

Sebagian antivirus yang ada saat ini memiliki fitur untuk memblokir situs yang tidak menggunakan SSL karena dianggap tidak aman, bisa saja Antivirus yang kamu gunakan terlalu sensitive dan salah mendeteksi situs-situs tersebut.

Untuk mengatasinya, coba menonaktifkan Antivirus yang kamu gunakan untuk sementara.

Baca juga: Rekomendasi 5 antivirus PC gratis terbaik untuk windows 10

Itulah beberapa cara mengatasi peringatan Your connection is not Private yang muncul saat kita browsing, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here