Cara mudah mengganti drive letter atau label partisi di windows 10

Cara mengganti drive letter – Saat kamu mempartisi harddisk maka secara otomatis windows akan memberikan label berupa satu huruf dari A – Z dan mengurutkannya sesuai abjad, label inilah yang dinamakan dengan Drive Letter.

Biasanya partisi yang berisi file system windows akan otomatis mendapatkan drive letter C, sehingga untuk partisi yang dibuat selanjutnya otomatis menjadi D, E dan seterusnya.

Kamu bisa merubah drive letter yang sudah ada dengan huruf lain, sesuai dengan yang kamu inginkan. Syaratnya huruf tersebut belum digunakan atau belum ada yang menggunakan di partisi lain. Ikuti langkah-langkah cara mengganti drive letter di windows 10 dibawah ini.

Cara mengganti drive letter di windows 10

  1. Buka Disk management dengan cara klik kanan di start menu, maka akan tampil banyak pilihan menu dan pilih Disk Management
    cara mengganti drive letter di windows 10
  2. Pilih partisi yang ingin diganti drive letter nya kemudian klik kanan dan pilih Change drive letter and Paths…
    cara mengganti drive letter di windows 10
  3. Selanjutnya klik tombol change
    cara mengganti drive letter di windows 10
  4. Klik menu dropdown di sebelah kanan dan pilih huruf yang masih tersedia kemudian klik OK
    cara mengganti drive letter di windows 10
  5. Akan muncul kotak dialog peringatan¬†“some programs that rely on the drive letters might not run correctly. Do you want to continue?” . Pilih yes untuk melanjutkan, selama kalian hanya merubah drive letter partisi tempat menyimpan data peringatan tersebut tidak berpengaruh.
    cara mengganti drive letter di windows 10

Itulah panduan cara mengganti drive letter di windows 10, kamu bisa mencoba nya di laptop agar terlihat lebih menarik. Cara diatas juga bisa digunakan di windows 7 dan 8, hanya saja ada sedikit perbedaan cara mengakses menu Disk management.

Biasanya pada windows 7 cara membuka menu disk management yaitu dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Disk management atau bisa juga melalui menu RUN dan ketikkan¬†“diskmgmt.msc”.

buka disk management dari menu run

Selain itu menu disk Management juga masih bisa dibuka dari control panel, seperti kita tahu control panel di semua versi windows sama. Di windows 10 microsoft memang memberikan kemudahan penggunanya untuk mengakses fitur-fitur langsung dari start menu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here