Cara daftar gratis dan riset keyword menggunakan Google keyword planner

Semua pemilik blog ataupun website pastilah ingin blog atau website mereka ramai dikunjungi setiap harinya, dengan begitu mereka dapat meningkatkan penjualan atau memperoleh pendapatan dari iklan adsense. Untuk itu perlu dilakukan riset keyword yang tepat agar blog atau artikel mereka berada di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page).

Pakar SEO selalu mengatakan 90% orang yang menggunakan mesin pencari seperti google hanya membuka situs yang berada di halaman pertama.

Jika kita ingin mendapatkan kunjungan yang banyak sudah pasti blog kita harus berada di halaman pertama SERP google. Oleh karena itu jangan sembarangan menentukan keyword, kenali dulu jenis-jenis keyword lalu tentukan kata kunci yang paling sesuai. Bahkan google sudah memfasilitasi kita dalam mencari kata kunci yang tepat dengan keyword planner tool.

Apa itu google keyword planner ?

Google keyword planner merupakan tool untuk mencari saran kata kunci yang bisa digunakan secara gratis. Akan tetapi sebenarnya keyword tool gratis ini diperuntukkan untuk pengguna Google Ads (Layanan iklan PPC Google), meski begitu kita dapat menggunakannya untuk mencari kata kunci yang tepat karena data yang kita dapat dihasilkan langsung dari mbah Google itu sendiri.

Selain itu Google keyword planner juga memberikan informasi perkiraan traffic kunjungan dengan skala 0 – 100, 100 – 1rb, dan 1rb -10rb. Ya walaupun tidak spesifik berapa jumlahnya, tetapi cukup untuk kita mengetahui besaran Search Volume dari keyword tersebut.

Cara daftar gratis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Google keyword planner gratis ini sebenarnya untuk pengguna google AdWords. Jadi kalian harus mendaftar dulu, tapi hati-hati saat melakukan proses pendaftaran bisa-bisa kita malah disuruh melakukan pembayaran (topup) terlebih dahulu untuk menggunakan keyword planner tool.

Jika ingin mendaftar Google Keyword planner tool ini secara gratis tanpa melakukan TopUp terlebih dahulu, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Google Ads: Keyword Planner, lalu klik Start Now

    cara daftar gratis google keyword planner
  2. Nah pada proses kedua inilah banyak yang keliru, jika kalian isi data dan klik Continue maka kalian akan dialihkan ke halaman kampanye iklan yang ujung-ujungnya menyuruh kalian melakukan pembayaran (topup) untuk menyelesaikan proses registrasi.
    Seharusnya kalian memilih link Skip the guided setup seperti gambar di bawah ini.cara daftar gratis google keyword planner
  3. Baru isikan data Email, Negara, Zona waktu, dan Mata uang. Klik Save and continuecara daftar gratis google keyword planner
  4. Selamat anda sudah berhasil mendaftar Google Ads secara gratis, sekarang kalian sudah bisa menggunakan Google Keyword Planner Gratis.

Cara riset kata kunci potensial menggunakan google keyword planner

Nah jika sudah berhasil daftar gratis beikut ini cara menggunakan google keyword planner untuk riset kata kunci potensial.

  1. Buka google keyword planner dengan mengklik menu Fitur -> Keyword Plannercara menggunakan google keyword planner
  2. Pilih Temukan kata kunci baru
  3. Masukkan ide kata kunci utama, kalian bisa memasukkan banyak kata kunci secara bersamaan langsung.cara menggunakan google keyword planner
  4. Kalian akan mendapatkan saran keyword yang jauh lebih banyak bahkan bisa mencapai ribuan dengan disertai volume pencarian. Download ide kata kunci tersebut.cara menggunakan google keyword planner
  5. Perlu diingat, Google keyword planner diperuntukkan untuk pengguna Google Ads (Layanan iklan PPC Google). Jadi data pada kolom competition tersebut mengacu pada persaingan pengiklan di AdWords bukan persaingan SERP.
  6. Yang dapat kita gunakan hanya Saran Keyword, min search, dan max search. Hapus kolom yang tidak diperlukan dan sortir agar terlihat rapih
  7. Data pada kolom keyword merupakan saran kata kunci potensial yang bisa kalian gunakan
  8. Kolom min search menunjukkan banyaknya pencarian paling sedikit dalam kurun waktu tertentu. Misal min search menunjukkan 100, berarti kata kunci tersebut dicari paling sedikitnya sebanyak 100x.
  9. Kolom max search menunjukkan jumlah maksimal pencarian.

Silahkan pilih kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian yang kalian inginkan, hapus keyword yang menurut kalian tidak relevan. Selanjutnya tinggal menganalisa tingkat persaingan dari keyword yang sudah kalian pilih.

Untuk melihat tingkat persaingan pada keyword kalian bisa menggunakan keyword tool gratis bernama Ubersuggest. Cara menggunakan Ubersuggest akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here