Belajar Excel: Cara menghitung Nilai rata rata di Microsoft excel

Hai sobat Sharing PC Tutorial, di tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menghitung nilai rata-rata di Microsoft excel. Tentu disini saya juga akan memberikan beberapa contoh penerapannya, supaya kamu lebih mudah untuk memahami dan menggunakannya.

Fungsi yang akan digunakan kali ini yaitu fungsi Average, dimana memang fungsi tersebut merupakan salah satu fungsi perhitungan yang sudah disediakan di Microsoft excel dan kita bisa langsung menggunakannya.

Dalam ilmu statistika deskriptip nilai rata-rata merupakan nilai tengah (mean) yang mewakili rentetan atau sekumpulan data. Nilai rata-rata didapat dengan menjumlahkan seluruh nilai pada kelompok data kemudian dibagi dengan banyaknya jumlah data tersebut.

Dalam dunia pendidikan nilai rata-rata biasa digunakan pada nilai raport siswa, Nilai Ebtanas Murni (NEM), Nilai Ijazah, Nilai hasil tes seleksi dan lain sebagainya. Sedangkan di perusahaan biasanya nilai rata-rata digunakan untuk untuk menghitung rata-rata penjualan perhari, rata-rata gaji karyawan atau data keuangan lainnya.

Sintaks Fungsi Average

Cara menghitung nilai rata-rata di Microsoft excel sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan fungsi Average lalu diikuti dengan rentang kolom atau baris yang berisi sekumpulan data.

=AVERAGE(number1, [number2], …)

  • Average – fungsi excel untuk menghitung nilai rata-rata
  • Number1 – berisi angka pertama atau rentang data yang ingin dihitung rata-ratanya
  • Number2 – Opsional (Boleh dikosongkan), ankga tambahan, referensi sel, atau rentang yang kamu inginkan rata-ratanya, hingga maksimum 255

 Cara menggunakan fungsi Average

Setelah kita mengetahui sintaks atau rumus fungsi average, lalu sekarang bagaimana cara menggunakannya? . Nah disini saya sudah buatkan contoh tabel data umur karyawan seperti dibawah ini

cara menghitung nilai rata-rata di excel

Yang akan kita cari disini yaitu rata-rata umur karyawan, ketikkan rumus =AVERAGE(B3:B10) dimana B3 merupakan rentang awal yang berada di kolom B baris 3 sedangkan B10 rentang akhir yang berada di kolom B baris 10. Tekan enter untuk melihat hasilnya

cara menghitung nilai rata-rata di excel

Bagaimana? Mudah bukan? Itu tadi cara menghitung nilai rata-rata di tabel yang berbentuk vertikal, bagaimana jika tabelnya berbentuk horizontal atau melebar kesamping. Sama saja, kita tinggal menentukan rentang datanya saja, perhatikan contoh dibawah ini

cara menghitung nilai rata-rata di excel

Rumus AVERAGE di atas mengambil rentang data secara horisontal dari B3:F3, yaitu rentang awal berada di kolom B baris 3 dan rentang akhirnya berada di kolom F baris 3. Akan didapat hasil rata-rata penjualan perbulan sebanyak 216 unit.

Cara menghitung nilai rata-rata di excel

Saya rasa sekarang kamu sudah sedikit memahami cara penggunaan rumus average untuk mencari nilai rata-rata, nah disini saya akan menambahkan contoh cara menghitung nilai rata-rata dengan data yang banyak.

Data yang akan saya gunakan yaitu nilai siswa yang biasa terdapat di sekolah-sekolah pada umumnya. Kalian bisa membuat tabelnya seperti dibawah ini dan kita akan mencari nilai rata-rata dari setiap siswa dan juga nilai rata-rata dari masing-masing mata pelajaran.

cara menghitung nilai rata-rata di excel

  1. Pertama kita akan mencari nilai rata-rata setiap siswa, tempatkan kursos pada kolom J2 yaitu siswa pertama dari tabel tersebut. Ketikan rumus =AVERAGE(C2:I2), dimana C2:H2 merupakan rentang data yang dihitung yaitu dari kolom C baris 2 sampai kolom I baris 2. Tekan enter untuk mendapatkan hasilnya
    cara menghitung nilai rata-rata di excel
  2. Untuk menghitung nilai rata-rata siswa yang lain, tidak perlu menuliskan rumusnya satu-persatu lagi. Kamu bisa menggunakan fitur Auto Fill excel dengan menarik kotak kecil di bagian kanan bawah sampai data terakhir, dengan begitu rumusnya akan dicopy secara otomatis.
    cara menghitung nilai rata-rata di excel
  3. Hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini
    cara menghitung nilai rata-rata di excel
  4. Selanjutnya kita akan mencari nilai rata-rata dari masing-masing mata pelajaran, ketikan rumus =AVERAGE(C2:C11) pada kolom C12
    cara menggunakan fungsi average excel
  5. Sama seperti sebelumnya, pergunakan auto fill untuk menghitung nilai rata-rata mata pelajaran lainnya secara otomatis
    cara menggunakan fungsi average excel
  6. Datanya akan jadi seperti ini
    cara menggunakan fungsi average excel
  7. Tentunya data yang dihasilkan terlihat kurang rapi karena banyak angka decimal dibelakang koma. Kamu bisa membulatkannya dengan menggunakan tool Decrease Decimal yang ada pada bagian menu bar.
    Cara menghitung nilai rata-rata di microsoft excel

Penutup

Itulah cara menghitung nilai rata-rata di Microsoft excel, semoga dengan tutorial ini menambah pengetahuan kamu untuk mengolah data di Microsoft excel. Jangan lewatkan tutorial Microsoft excel lainnya di blog ini, jika kamu punya pertanyaan silahkan meninggalkan komentar di kolom yang sudah kami sediakan, secepat mungkin saya akan menjawabnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here