Cara menutup aplikasi yang Not Responding di Windows 10

Seringkali program yang kita gunakan tidak berjalan semestinya, laptop menjadi hang, lemot dan tidak merespon. Bagaimana cara menutup aplikasi yang not responding tersebut?

Penyebab aplikasi not responding saat digunakan ini banyak faktor yang mempengaruhi nya, bisa karena virus, program yang crash, file sistem windows yang rusak atau bahkan spesifikasi laptop yang memang tidak dapat menjalankan aplikasi tersebut.

Cara menutup aplikasi yang Not Responding

Sebenarnya untuk menutup aplikasi yang not responding di windows 10 sangatlah mudah, kita hanya perlu membuka task manager ( Ctrl + Shift + Esc ) kemudian pilih program yang crash dan klik tombol End Task.

Cara menutup aplikasi yang Not Responding

Selain menggunakan task manager, kita juga bisa menghentikan aplikasi yag not responding dengan menekan Ctrl + Alt + F4. Namun hati-hati saat menggunakannya, pastikan fokus windows berada pada aplikasi tersebut, jika tidak aplikasi lain yang akan tertutup.

Kita juga bisa membuat shortcut untuk menutup program not responding secara otomatis, berikut ini langkah-langkah nya :

  1. Klik kanan di Desktop – New – Shortcut
  2. Ketikan perintah taskkill /f /fi “status eq not responding” dan klik tombol Next
    Cara menutup aplikasi yang Not Responding
  3. Isikan nama, bebas apa saja
  4. [Optional] Tambahkan Shortcut key agar lebih mudah menjalankannya dengan cara klik kanan pada shortcut – pilih Properties – tab Shortcut – isikan kolom shortcut key. Secara otomatis windows akan menambahkan Ctrl + Alt + Key

Perintah taskkill /f /fi “status eq not responding” bisa juga dijalankan melalui Command Prompt (CMD), namun cara ini tidak efisien karena kita harus mengingat perintahnya dan menjalankan cmd terlebih dulu.
Cara menutup aplikasi yang Not Responding

Baca Juga : Cara Mematikan Komputer atau Laptop lewat CMD

Itulah sedikit tips bagaimana cara menghentikan aplikasi yang not responding di windows 10. saya sendiri lebih memilih menggunakan task manager, karena sudah terbiasa dan lebih mudah diakses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here