Cara Ampuh Menyembunyikan File Atau Folder Rahasia

Sobat pastinya punya file atau folder yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Apalagi jika komputer atau laptop yang sobat gunakan sering dipakai juga oleh orang lain, entah itu dipinjam oleh saudara atau teman yang ingin mengerjakan tugas kuliah.

Bagaimana jika mereka iseng buka – buka folder pribadi kalian ? dan menemukan file pribadi yang bersifat sangat rahasia.

Untuk mencegahnya, ternyata sobat bisa menyembunyikan file atau folder rahasia tersebut  agar tidak ada yang bisa melihatnya. dan tentunya cara yang akan saya berikan ini tanpa menginstal aplikasi apapun.

2 Cara Menyembunyikan File atau Folder Rahasia

1. Dengan Merubah Properties Folder atau File

Cara yang pertama yaitu dengan merubah Properties dari file atau folder tersebut menjadi hidden

  • Klik kanan pada Folder atau File yang akan sobat sembunyikan kemudian pilih properties

  • Pada bagian attributes aktifkan ceklis pada checkbox Hidden selanjutnya klik Apply

  • Lalu pilih Apply changes to this folder, subfolders, and files dan klik OK

  • Pada Menu Bar Organize yang berada di pojok kiri atas pilih Folder and search option

  • Lalu pada tab View pilih Don’t show hidden files, folders, or drives

  • Klik Apply dan Ok

Sekarang file atau folder sudah hilang karena attributes Hidden tadi. Tetapi cara ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak efektif untuk orang yang sangat mengerti komputer.

Kenapa ? karena file atau folder tersebut masih bisa dicari dengan fitur pencarian file, dan bagi orang yang terbiasa dengan komputer akan sangat mudah bagi mereka untuk merubah kembali pengaturan Folder and Search Option pada menu Organize.

Untuk itu cara pertama ini tidak direkomendasikan jika pengguna komputer sobat termasuk orang – orang yang mahir komputer.

2. Menyembunyikan File dengan Command Prompt

Cara yang kedua lebih aman dibandingkan dengan cara pertama diatas, kali ini kita menggunakan Command Prompt atau CMD untuk menyembunyikan file atau folder rahasia sobat.

  • Buka Command Prompt dengan menekan logo Windows + R pada keyboard lalu ketikkan CMD
  • Kemudian Ketikkan attrib +h +s dilanjutkan dengan path file atau folder yang ingin disembunyikan. Contoh disini saya akan menyembunyikan folder yang berada di drive D: dengan nama “Contoh“, penulisannya menjadi attrib +h +s D:/Contoh kemudian tekan Enter
  • Lakukan Refresh pada folder dengan klik kanan pilih Refresh.

Folder sudah hilang, dan walaupun kita mengaktifkan Show Hidden Files, Folders, or Drives pada menu Folder and Search Option, data yang kita sembunyikan tadi akan tetap tidak ditampilkan.

Karena pada perintah +h tadi berfungsi untuk menyembunyikan File atau Folder tersebut. Sedangkan +s kita merubah Folder atau file menjadi folder sistem, Dan secara default windows memang menyembunyikan folder sistem agar tidak mudah dimodifikasi.

Lalu bagaimana menampilkannya lagi ?

Caranya sama saja, untuk menampilkannya kembali sobat hanya perlu merubah tanda menjadi – pada perintah diatas. Contohnya : attrib -h -s D:/Contoh kemudian tekan Enter

Cukup mudah bukan ? Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here