3 Cara merubah file PDF ke word dengan cepat dan mudah

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format, salah satu format file dokumen yang diciptakan perusahaan ternama Adobe System, Inc.

Format PDF menjadi sangat populer dan banyak digunakan saat ini, karena ringan (ukuran file kecil) dan bisa dibuka di semua perangkat. Untuk membuka file PDF membutuhkan aplikasi PDF viewer yang  sudah banyak tersebar dan bisa didapatkan secara gratis.

Selain itu file PDF juga tidak mudah untuk di edit, harus menggunakan PDF editor. Itulah kenapa hampir semua ebook yang ada saat ini menggunakan format file PDF. Kita juga bisa menambahkan password untuk proteksi file tersebut.

Jika dibandingkan dengan file microsoft word (.doc atau docx) file PDF memang lebih diunggulkan karena mudah dibaca, tetapi untuk urusan mengedit dokumen kebanyakan orang lebih memilih menggunakan microsoft word.

Kalian juga bisa merubah file PDF ke word untuk mengedit nya, ada banyak cara yang bisa digunakan. Di artikel ini akan saya bahas cara merubah file PDF ke word dengan mudah, sobat bisa pilih salah satu caranya dibawah ini.

1. Menggunakan Office 2013

Cara mengganti PDF ke word yang pertama ini yang paling mudah, tanpa perlu aplikasi tambahan.

Tentu komputer atau laptop kalian sudah terinstall microsoft office, karena disini kalian ingin merubah file PDF ke word. Jika office yang terinstall adalah versi 2013 ke atas, ikuti langkah dibawah ini

    1. Jalankan aplikasi Microsoft word
    2. Klik menu File > Open > Browse
      cara merubah pdf ke word tanpa aplikasi
    3. Cari file PDF kemudian klik tombol Open
      cara merubah pdf ke word tanpa aplikasi
    4. Akan muncul peringatan convert file PDF menjadi word yang bisa di edit, Klik ok saja.cara merubah pdf ke word tanpa aplikasi
    5. Tunggu proses nya sampai selesai, sobat bisa melihat progress nya dibagian bar bawah
      cara merubah pdf ke word tanpa aplikasi
    6. File pdf berhasil dirubah ke word
      cara merubah pdf ke word tanpa aplikasi
    7. Pilih File > Save As untuk menyimpannya

NOTE : Hanya Microsoft Office versi 2013 keatas yang bisa merubah file PDF ke word

Jika menggunakan versi dibawah 2013, ada baiknya melakukan upgrage Microsoft office terlebih dahulu. Selain lebih banyak fitur, tampilan nya pun lebih menarik.

Gunakan cara convert pdf ke word lainnya dibawah ini jika sobat tidak ingin mengubah versi microsoft office.

2. Menggunakan tools online

Cara merubah pdf ke word yang kedua ini menggunakan tools pdf converter online. Ada banyak situs yang bisa sobat gunakan, diantaranya

Jika menggunakan cara ini, komputer atau laptop harus terhubung ke internet. Kalian bisa berbagi internet Android dengan cara menyambungkan internet hotspot hp ke laptop.

Contoh dibawah ini saya menggunakan situs smallpdf.com untuk convert file pdf ke word.

    1. Kunjungi situs smallpdf.com
    2. Klik link Choose file dan cari file PDF yang ingin dirubah atau bisa juga dengan drag file pdf dan drop di area berwarna biru
      cara mengganti pdf ke word online
    3. Secara otomatis situs tersebut akan menjalankan convert pdf ke word, klik link download file untuk menyimpannya di komputer sobat.
      cara mengganti pdf ke word online

3. Menggunakan software pdf converter

Cara merubah pdf ke word yang ketiga yaitu dengan menginstal aplikasi pdf converter. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa sobat gunakan:

    • Adobe acrobat Pro
    • UniPDF
    • Icecream PDF Converter
    • Total PDF Converter
    • PDF Viewer

Cara ini cocok untuk sobat yang tidak memiliki akses internet tetapi sering mengganti file PDF ke word. Kalian bisa menggunakan salah satu aplikasi pdf converter diatas dan menginstalnya di laptop.

Nah itulah cara merubah format file PDF menjadi word, sobat bebas pilih mau menggunakan cara yang mana saja. Jika ada masalah saat mengikuti langkah-langkah yang saya berikan diatas, silahkan bertanya di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here