Cara mudah membuat grafik di Microsoft word 2016 Lengkap+Gambar

Ada berbagai macam cara dalam penyajian sebuah data, yang paling penting adalah bagaimana caranya agar suatu data mudah dibaca oleh siapa saja penggunanya. Penyajian data yang popular saat ini yaitu dengan menggunakan grafik, di tutorial Microsoft office ini saya akan membagikan cara membuat grafik di word dengan cepat dan mudah.

Grafik merupakan salah satu penyajian data yang ditampilkan dalam bentuk gambar sebagai visualisasi dari data yang ingin disampaikan. Secara umum grafik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu grafik batang, grafik garis dan grafik lingkaran.

1. Grafik Batang

Grafik batang adalah grafik yang penyajian datanya menggunakan batang atau persegi panjang, baik itu vertical maupun horizontal. Biasanya digunakan untuk membandingkan suatu data dengan data lainnya.

cara membuat grafik di word

2. Grafik Garis

Jenis grafik garis menggunakan garis atau curva yang terdiri dari 2 sumbu utama, yaitu sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X biasanya digunakan untuk menunjukan rentang waktu pengamatan dan sumbu Y digunakan untuk nilai hasil. Biasanya grafik garis digunakan untuk menggambarkan suatu perubahan atau tren suatu data dari waktu ke waktu.

cara membuat grafik di word

3. Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran sering disebut juga diagram pie karena bentuknya menyerupai lingkaran kue yang dipotong-potong. Grafik ini biasanya menggunakan persentase dari nilai total suatu data.

cara membuat grafik di word

Cara membuat grafik di word

  1. Pada menu bar Microsoft word pilih tab Insert kemudian klik Chart
    cara membuat grafik di word
  2. Akan tampil menu dialog Insert Chart pilih salah satu jenis grafik yang kamu inginkan dan klik OK
    cara membuat grafik di word
  3. Grafik akan muncul disertai dengan Spreadsheet Excel, lembar kerja excel inilah yang akan dijadikan sebagai data sumber dari grafik yang ditampilkan.
    cara membuat grafik di word
  4. Isikan data di lembar kerja excel, untuk menambahkan dan mengurangi rentang data tarik bagian kotak kecil pada bagian berwarna biru.
    cara membuat grafik di word
  5. Jika sudah selesai mengisi data, tutup lembar kerja excel dengan mengklik icon Close di pojok kanan atas
    cara membuat grafik di word
  6. Untuk memberikan judul grafik klik dua kali pada bagian Chart Title
    cara membuat grafik di word
  7. Selesai, grafik berhasil dibuat
    cara membuat grafik di word

Untuk merubah data pada grafik yang sudah dibuat, kamu bisa memilih grafiknya kemudian pilih Edit Data pada tab Design untuk menampilkan kembali lembar kerja excel dari grafik tersebut. Sedangkan untuk merubah jenis grafik nya pilih Change Chart Type.

cara membuat grafik di word

Baca Juga: Panduan lengkap cara membuat garis di microsoft word

Itulah cara membuat grafik di Microsoft word, mudah sekali bukan? Semoga artikel ini bisa membantu kamu menampilkan data dengan menggunakan grafik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here