Cara merubah pengaturan User Account Control (UAC) di windows 10

Hai Sobat Sharing PC Tutorial, pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara merubah pengaturan User Account Control (UAC) di windows 10. Tentunya sobat bisa memilih untuk mematikan UAC atau mengaktifkannya pada komputer atau laptop yang digunakan.

Saat akan menginstal, membuka aplikasi atau merubah pengaturan sistem windows biasanya akan muncul jendela popup berisi konfirmasi untuk melanjutkan. Nah itulah yang dinamakan User Account Control atau disingkat UAC.

UAC diperkenalkan pertama kali pada versi windows vista, dan masih digunakan di windows 7, 8 hingga windows 10 terbaru saat ini.

Baca juga: 3 cara membuat Hotspot di Laptop Windows 10 dengan MUDAH

Fungsi User Account Control

Pada dasarnya fungsi UAC ini mencegah eksekusi perintah yang tidak sah pada sistem windows, tujuannya untuk melindungi perangkat komputer atau laptop yang sobat gunakan dari virus dan spyware.

Saat virus mencoba menjalankan perintah yang dapat merusak sistem, maka UAC akan mencegahnya dan memberikan notifikasi kepada penggunanya.

Dari penjelasan diatas UAC berperan penting dalam pencegahan Virus dan Spyware, jadi jika sobat tidak menginstal Anti Virus lebih baik membiarkan UAC ini tetap dalam keadaan aktif.

Baca juga: Cara mematikan firewall di windows 7 PERMANEN

Untuk mengubah pengaturan UAC pada sistem operasi windows 10, sobat harus menggunakan user dengan level Administrator.

Kamu bisa membuka Setting User Account Control di windows 10 dengan cara mengetikkannya langsung dari start menu, secara otomatis windows akan menampilkan shortcutnya.

cara menonaktifkan uac di windows 10

 

Kalau tidak muncul, sobat bisa membukanya dari Control Panel. Berikut ini langkah-langkah nya.

Cara merubah pengaturan UAC di windows 10

  1. Buka Control Panel dan pilih User AccountCara menonaktifkan UAC di windows 10
  2. Kemudian Pilih Change User Account Control SettingCara menonaktifkan UAC di windows 10
  3. Ada 4 level keamanan pada UAC Windows 10, yaitu:
    • Always Notify (Level 1) – Semua user yang akan menginstal dan menggunakan aplikasi akan dicegah dahulu oleh UAC, termasuk melakukan perubahan pada setting windows.
    • Notify me only when apps try to make changes to my computer (Level 2) – Sama seperti level sebelumnya, hanya saja UAC tidak akan mencegah perubahan sistem windows jika yang melakukan nya adalah anda sendiri (User Administrator). Level ini merupakan pilihan default UAC.
    • Notify me only when apps try to make changes to my computer (do not dim my desktop) (Level 3) – Sama seperi level 2, perbedaanyan saat UAC muncul maka layar windows tidak akan diredupkan. Di level 1 dan 2 saat UAC muncul background disekitar popup UAC akan tertutup dan redup, sedangkan pada level 3 ini hanya memunculkan popup nya saja.
    • Never Notify (Level 4) – Level 4 ini sama saja dengan mematikan UAC, tidak ada pencegahan saat aplikasi atau virus mencoba melakukan perubahan pada sistem windows.Cara setting UAC di windows 10
  4. Pilih Never Notify jika ingin menonaktifkan UAC dan klik OK

Baca juga: Cara menonaktifkan Cortana di windows 10 (100% work)

Nah itulah cara merubah pengaturan User Account Control di windows 10, jika ingin menonaktifkan UAC sobat bisa memilih Never Notify (Level paling bawah).

Sebaliknya, Jika ingin mengaktifkannya, tinggal memilih antara level 1 sampai 3 yang sudah dijelaskan diatas. Saran saya lebih baik memilih nomor 3, karena layar windows tidak tertutup saat UAC muncul. Dengan begitu tidak akan mengganggu aktifitas kalian.

2 COMMENTS

  1. Terima kasih atas tutorial cara merubah pengaturan UAC di windows 10 nya, sangat berguna bagi saya yang baru mau hijrah ke win10.

    Salam Kenal saya Ahmad Rosydian Mughni (172250023) dari Atma Luhur
    Kalau berkenan kunjungi website kampus kami di :
    https://www.atmaluhur.ac.id

    Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here