Dampak positif dan manfaat internet bagi pelajar yang perlu diketahui

Mudahnya akses internet di jaman teknologi modern saat ini secara tidak langsung memberikan dampak positif pada dunia pendidikan, lalu apa keuntungan dan manfaat internet bagi pelajar? Itulah yang akan saya bahas di artikel ini.

Internet memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi bagi siapapun yang menggunakannya, ada jutaan bahkan milyaran situs yang bisa diakses secara langsung.

Jika tidak dipergunakan secara bijak, internet malah akan memberikan dampak negatif yang justru hanya akan membuat penggunanya terjerumus pada penyebaran informasi yang salah.

Dalam dunia pendidikan, penggunaan internet sendiri bisa dikatakan sangat membantu pelajar untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya.

Sayangnya masih banyak orang tua yang kurang memahami manfaat internet bagi anak-anak mereka, bahkan sebagian dari mereka beranggapan bahwa internet merupakan hal buruk yang bisa menjadikan anak-anak menjadi pemalas.

Anggapan itu memang tidaklah salah, jika dilihat dari sisi buruk penggunaan internet hal itu bisa saja terjadi. Contohnya internet yang digunakan hanya untuk bermain game saja.

Tetapi semua itu kembali pada bagaimana cara kita memanfaatkan internet itu sendiri, memang perlu ada pengawasan dari orang tua dan guru agar penggunaan internet bagi pelajar ini memiliki dampak positif seperti berikut ini.

Manfaat internet bagi pelajar

1. Mencari materi tambahan

Seperti yang kita tahu, setiap mata pelajaran yang diajarkan guru disekolah itu terbatas dengan waktu. Mungkin hanya 2 sampai 3 jam perhari, sehingga materi yang diberikan pun hanya sebagian pokok pentingnya saja.

Terkadang siswa jadi kurang paham akan materi yang diajarkan disekolah, salah satu solusi yang banyak digunakan yaitu dengan memberikan les private tambahan diluar jam sekolah.

Namun dengan menggunakan media internet, lebih tepatnya dengan mengetikan kata kunci melalui mesin penelusuran seperti Google sangat memudahkan siswa untuk mencari dan mendapatkan pelajaran tambahan

2. Sarana pembelajaran

Begitu banyak yang menyediakan tips dan tutorial baik itu berupa teks, video, gambar yang bisa didapatkan melalui jaringan internet, sangat memudahkan siswa dalam mempelajari hal baru

3. Menambah wawasan dan pengetahuan

Internet juga bisa digunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi pelajar, mereka bisa saling bertukar informasi dan bersosialisasi dengan milyaran orang diluar sana.

4. Melatih penggunaan komputer

Secara tidak langsung penggunaan internet juga melatih pelajar dalam menggunakan perangkat komputer, di jaman komputerisasi saat ini memang menuntut siapa saja untuk bisa mengoperasikan komputer baik di dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari.

5. Sarana komunikasi

Internet juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi pelajar dengan guru ataupun pelajar dengan pelajar lainnya diluar sana tanpa batasan jarak dan waktu. Mereka bisa saling bertukar pikiran kapanpun dan dimanapun berada.

6. Mencari Informasi

Seperti yang sudah dijelaskan segala macam informasi bisa didapatkan melalui internet, hal ini bisa dimanfaatkan bagi pelajar untuk mencari informasi dalam dunia pendidikan.

Semisal untuk pelajar yang akan lulus, bisa mencari informasi sekolah atau universitas favorit, mencari informasi beasiswa yang disediakan pemerintah ataupun lembaga swasta.

Selain itu siswa juga bisa mencari informasi dalam penentuan jurusan saat masuk perguruan tinggi, dan lain sebagainya.

Penutup

Nah itulah sebagian manfaat internet bagi pelajar yang bisa saya sampaikan, pada dasarnya internet akan memberikan dampak positif jika digunakan secara benar. Sebaliknya internet juga akan memberikan dampak negatif jika kita salah menggunakannya.

Semua itu kembali pada diri masing-masing, apakah kita termasuk orang yang bijak dalam menggunakan internet? Ataukah sebaliknya? Hanya kamu sendiri yang bisa menjawabnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here