Saturday, April 20, 2024
HomeSEOJenis kata kunci dalam SEO yang wajib diketahui sebelum Riset Keyword

Jenis kata kunci dalam SEO yang wajib diketahui sebelum Riset Keyword

keyword atau kata kunci adalah kata atau sekumpulan kata yang sering digunakan seseorang untuk mencari sesuatu di internet dengan menggunakan mesin pencari  seperti Google, Bing, Yahoo dll. Kata kata inilah yang disimpan oleh mesin pencari untuk menganalisa dan menentukan informasi yang relevan dan menampilkannya pada hasil pencarian.

Menentukan kata kunci yang tepat memang tidaklah mudah, harus dilakukan penelitian dengan membandingkan beberapa kata kunci dan mempertimbangkan tingkat kesulitannya untuk mencapai halaman pertama google. Proses menentukan keyword yang tepat ini disebut dengan istilah Riset Keyword.

Kesalahan dalam menentukan kata kunci bisa menyababkan blog atau website kita menjadi sepi pengunjung. Tentunya setiap blogger ingin blog mereka  ramai pengunjung, dengan begitu dapat meningkatkan penghasilan. Sebelum mulai riset kata kunci kalian harus mengenal terlebih dahulu jenis keyword dalam SEO dan apa saja perbedaannya.

Ada 4 jenis kata kunci / keyword yang harus kalian pahami untuk memudahkan proses riset keyword, Sebenarnya ada banyak jenis keyword dalam SEO, tetapi yang terpenting dan paling utama harus kalian ketahui terlebih dahulu yaitu:

Jenis Kata Kunci / keyword

1. Short Tail Keyword

Short Tail keyword merupakan jenis kata kunci utama atau ide  awal yang terdiri dari satu atau dua kata saja. Tingkat persaingan (Search Dificulity) pada Short Tail Keyword ini sangat tinggi, sangat sulit untuk bersaing jika kita menggunakan jenis keyword ini. Kecil harapan blog atau website kita tampil di halaman pertama google.

Contoh Short Tail Keyword:

  • Mobil murah
  • Smartphone Murah
  • Komputer
  • Android Terbaru
  • dll

2. Long Tail Keyword

Jenis kata kunci Long Tail Keyword merupakan keyword turunan dari Short Tail Keyword atau bisa disebut versi panjang dari kata kunci utama. Biasanya perluasan dari ide awal dengan menambahkan kata-kata untuk membuat keyword lebih spesifik atau lebih memiliki target tertentu. Jenis keyword inilah yang bisa kita gunakan karena tingkat persaingannya lebih rendah.

Contoh Long Tail Keyword:

  • Cara membuat blog dengan cepat dan mudah
  • Smartphone murah terbaik harga 2 jutaan
  • Tutorial membuat kue nastar enak
  • dll

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan jenis keyword ini, karena sebagian besar orang yang menggunakan mesin pencari juga mengetikkan keyword yang lebih spesifik seperti “cara membuat blog dengan mudah”  daripada hanya mengetikkan kata  “membuat blog”.

3. Keyword Abadi

Keyword abadi merupakan jenis kata kunci yang selalu dicari seseorang, tidak ada batasan waktu sampai kapan keyword tersebut dicari. Dengan kata lain jenis kata kunci ini akan selamanya dicari di internet.

Contoh Keyword Abadi:

  • Cara menyembuhkan luka bakar
  • Cara menghilangkan jerawat

Selama masih ada yang jerawatan maka keyword “Cara menghilangkan Jerawat” ini akan selalu dicari. Jenis kata kunci abadi ini biasanya berisi tutorial.

4. Keyword Musiman

Keyword musiman merupakan kebalikan dari keyword abadi, Jenis kata kunci ini hanya sementara. Biasanya berupa berita yang sedang populer saat ini, kejadian-kejadian yang sedang viral, dan lain sebgainya.

Contohnya:

  • Hasil pemilu presiden 2019
  • Hasil pertandingan indonesia vs malaysia

Jika menggunakan jenis kata kunci musiman tentunya kalian harus rajin menulis artikel setiap harinya, karena artikel yang kalian buat hanya bersifat sementara. Ada saatnya keyword tersebut tidak dicari lagi.

Itulah 4 jenis kata kunci dalam SEO yang wajib kalian ketahui sebelum memulai riset keyword, Nah untuk mencari kata kunci yang tepat kalian bisa memanfaatkan keyword tool gratis milik Google yang bernama Keyword Planner, Tutorialnya bisa kalian baca di Cara Menggunakan Google Keyword Planner.

Idhan Rama
Idhan Rama
Call me idan pakai "i" jangan "e"!! manusia introvert yang katanya punya passion di bidang IT, especially web programming. Suka nonton Film superhero, suka ketawa tapi ga bisa ngelawak.
ARTIKEL TERKAIT

Apa itu SEO ? Pentingkah Belajar SEO ?

SEO merupakan singakatan dari "Search Engine Optimization". Sebuah teknik mengoptimalkan halaman sebuah website agar mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, khusus nya Google...

Cara menempatkan kata kunci / keyword yang tepat pada artikel

Kata kunci atau keyword merupakan bagian paling penting pada artikel. Karena kata kunci inilah yang menentukan layak tidaknya sebuah artikel untuk bersaing di mesin...

Apa itu riset keyword? pengertian dan contoh cara mencari kata kunci

Apa itu riset keyword? Bagi kalian yang mempunyai blog atau website dan hobby menulis artikel pasti pernah mendengar istilah ini.  Apalagi jika kalian sedang...

BACA JUGA

Cara sharing printer ke komputer lain lewat jaringan LAN atau wifi

Cara sharing printer ke komputer lain - Kamu pasti pernah melihat di tempat-tempat yang menyediakan layanan print dokumen seperti warnet dan photocopy mereka hanya...

Cara sharing data antar komputer dalam satu jaringan yang sama

Hai Sobat Sharing PC Tutorial, kali ini saya akan membagikan cara sharing data antar komputer dalam satu jaringan yang sama. Maksud dari sharing data disini...

Cara Cek Ping di CMD Untuk Tes Koneksi Internet

Kita bisa dengan mudah mengetahui kualitas suatu jaringan dengan cara cek ping di CMD, dengan melakukan test koneksi internet akan diketahui jika jaringan sedang...

2 Cara menghilangkan Check Disk saat komputer dihidupkan

Cara menghilangkan Check Disk - Check Disk (CHKDSK) merupakan suatu perintah yang ada pada sistem operasi windows, baik itu windows 7, 8 maupun 10....