Jangan salah beli, Pahami Jenis – jenis RAM DDR pada komputer

RAM (Random Access Memory) memang memiliki banyak tipe, Namun saat ini yang digunakan dan dikembangkan untuk perangkat komputer yaitu DDR SDRAM ( Double Data Rate Synchronous Random Access Memory ) atau lebih dikenal dengan DDR RAM.

Tentunya kali ini kita tidak akan membahas pengertian RAM dan fungsinya pada komputer, karena saya  sudah pernah membahas tentang itu, dan saya rasa kalian pun sudah tau.

Bagi yang belum paham tentang RAM kalian bisa membaca artikel ini Pengertian dan Fungsi RAM yang harus kalian tahu.

Saat ini jenis RAM DDR sudah dikembangkan sampai DDR5, tetapi jenis sebelumnya yaitu RAM DDR4, DDR3 dan DDR2 masih banyak digunakan oleh perangkat komputer lama.

Jadi, untuk kalian yang punya rencana mengganti ataupun upgrade RAM jangan asal beli. Bisa-bisa RAM yang sudah di beli tidak sesuai dengan socket RAM pada Mainboard komputer kalian.

Pahami dulu perbedaan Jenis-jenis RAM DDR yang akan kita bahas sekarang ini.

Peran RAM memang sangat penting, semakin besar kapasitasnya maka kinerja komputer dalam memproses data pun akan semakin cepat.

Terutama untuk multimedia dan game, kebutuhan RAM yang tinggi menjadi prioritas utama. Untuk itulah mari kita pahami jenis jenis RAM DDR yang terbagi menjadi DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4.

Secara fisik perbedaan jenis RAM DDR bisa kalian lihat seperti digambar ini,

jenis jenis RAM DDR

Jenis Jenis RAM DDR

1. RAM DDR1

Jenis RAM ini merupakan generasi pertama dari RAM DDR. Awal muncul pada tahun 1999, dua perusahaan yang saling bersaing yaitu Intel dan AMD mengembangkan jenis RAM DDR dengan kapasitas yang lebih besar untuk mengimbangi kecepatan CPU yang terus meningkat pada saat itu.

Disebut DDR SDRAM ( Double Data Rate SDRAM ) karena jenis RAM ini memiliki arsitektur yang sama dengan SDRAM tetapi memiliki kecepatan hingga dua kali lipat lebih besar.

Jenis RAM ini umumnya digunakan pada processor pentium III sampai IV dan juga AMD Athlon. Kapasitas paling besar dari RAM jenis ini sebesar 1GB per kepingnya.

jenis jenis RAM DDR

2. RAM DDR2

Pada tahun 2005 pengembangan RAM DDR pun berlanjut dengan dikeluarkan nya jenis RAM DDR2. Tentunya jenis RAM ini memiliki kecepatan yang lebih baik dan kapasitas yang lebih besar dari DDR1.

DDR2 menjadi sangat populer seiring dengan meningkatnya penggunaan komputer yang pada saat itu memakai chipset intel pentium 4 dan juga AMD Athlon 64. Dengan kapasitas paling besar 2GB per kepingnya.

jenis jenis RAM ddr

3. RAM DDR3

Pengembangan jenis RAM DDR pun masih berlanjut, hasilnya pada tahun 2007 muncullah DDR3. Kelebihan yang paling signifikan terletak pada penggunaan daya yang jauh lebih hemat dibandingkan DDR2.

Hal inilah yang membuat RAM DDR2 mulai ditinggalkan, selain itu DDR3 juga mempunyai kecepatan lebih baik.

Pada awal rilis harga RAM DDR3 memang cukup mahal pada saat itu, membuat sebagian orang masih lebih memilih menggunakan DDR2.

Namun pada tahun 2010 RAM ini mulai diburu karena jenis mainboard keluaran terbaru mengharuskan penggunaan RAM jenis DDR3, selain karena lebih hemat daya juga untuk mengimbangi kecepatan CPU yang meningkat.

Kapasitas RAM DDR3 paling besar bisa mencapai 8GB perkepingnya.

4. RAM DDR4

Dirilis pada tahun 2014 dengan kecepatan yang jauh lebih baik dan daya yang lebih irit dari pendahulunya DDR3,  Kecepatan DDR4 bisa mencapai 3200MHz.

Sampai saat ini jenis RAM DDR4 masih tergolong mahal, dan diperuntukkan untuk tipe processor kelas atas saja. Kapasitas paling besar perkepingnya bisa mencapai 16GB.

Nah itulah Jenis jenis RAM tipe DDR yang bisa saya sampaikan, walaupun saat ini tipe RAM DDR5 sudah mau dirilis dan sudah banyak perbincangan mengenai hebatnya DDR5 yang dikatakan kapasitasnya bisa mencapai 128GB perkeping. Pastilah harganya sangat mahal, jadi kita tunggu saja dulu.

Sekian dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here