Mengenal apa itu Cortana dan kegunaan cortana pada windows 10

Kegunaan cortana pada windows 10 – Saat pertama kali dirilis pada tanggal 29 Juli 2015, windows 10 memang sudah dicap sebagai versi windows yang paling mutakhir dan sebagai penyempurnaan dari versi sebelumnya. Hal itu terbukti dengan peningkatan sistem keamanan dan penambahan beberapa fitur-fitur baru yang belum ada pada versi windows sebelumnya.

Salah satu fitur baru yang ditawarkan windows 10 adalah Cortana, sebuah Artificial Intellegence yang dapat membantu penggunanya melalui suara perintah dan pertanyaan. Mungkin bagi kamu yang pernah menggunakan windows phone sudah tidak asing lagi dengan Cortana, fitur ini pernah ditanamkan pada OS windows phone 8.1.

Apa itu Cortana?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Cortana merupakan kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh microsoft. Fitur ini mirip dengan Google Now yang dikembangkan oleh Google dan Siri yang dikembangkan oleh Apple.

kegunaan cortana pada windows 10

Cortana memudahkan pengguna windows 10 melalui fitur voice command, yaitu dengan memberikan instruksi tanpa harus mengetik keyboard atau menyentuh layar. Cortana dapat memahami suara natural tanpa harus memaksa pengguna untuk memasukan perintah tertentu. dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dan memberikan informasi yang diperoleh dari Bing, misalnya informasi lalu lintas, keadaan cuaca dan skor olahraga.

Baca juga: Pengertian internet dan sejarah perkembangannya

Kegunaan Cortana pada windows 10

  1. Menjalankan Program

Cortana dapat menjalankan aplikasi atau program yang kamu butuhkan, cukup berikan perintah diawali kata “launch” atau “Open” diikuti dengan aplikasi yang ingin dijalankan. Contoh untuk menjalankan Skype kamu bisa memberikan perintah “Open Skype”, tentu ini akan mempersingkat waktumu dibandingkan harus mencari dari start menu.

  1. Mencari File

Saat ingin mencari sebuah file yang tersimpan pada komputer, misalnya foto, lagu, atau dokumen kerja, Cortana dapat membantu kamu mencarikannya dengan cara memberikan instruksi kepada dengan nama file yang jelas, seperti: “Find me a picture of hulk”

Baca juga: Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk

  1. Pengingat Waktu

Cortana juga bisa berperan sebagai asisten pribadi yang akan mengingatkan jadwal kegiatan kamu. Cukup beritahu kapan, dimana, dan siapa orang yang akan kamu temui, misalnya “Remind me to meet Jack at 5 P.M” atau “Remind me to mop the floor when I get home.”

Selain itu Cortana busa berfungsi sebagai alarm untuk membangunkan tidurmu, berikan perintah “Wake me up in 8 hours” atau “Set an alarm fo 9 AM on Sunday”.

  1. Kalkulator

Layaknya kalkulator, Cortana dapat melakukan perhitungan yang sederhana sampai yang rumit. Kamu hanya perlu menyebutkan angka dan operasi perhitungannya saja. Selain itu bisa juga digunakan untuk koversi mata uang asing.

  1. Memberikan Informasi Terbaru

Cortana dapat membantu kamu memperoleh informasi cuaca, lalu lintas sampai berita skor olahraga terbaru. Tentunya untuk menggunakan fitur ini perangkat harus terhubung dengan internet

  1. Petunjuk Jalan atau Navigasi

Fitur ini seperti GPS yang akan membantu kamu memberikan petunjuk jalan, informasi tempat terdekat atau sekedar mengetahui lokasi saat ini.

  1. Mengirim Email

Kamu bisa memanfaatkan Cortana untuk membalas email dengan melakukan pengetikan serta mengirimkan kepada yang besangkutan, tentunya untuk menggunakan fitur ini diharuskan melakukan pengaturan akun email dahulu.

Baca juga: cara melihat password wifi di windows 10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here