Solusi menampilkan Icon / Shortcut aplikasi di Desktop yang hilang

Bagaimana jika tiba-tiba shortcut aplikasi di desktop hilang dan menjadi kosong?Desktop merupakan antarmuka pertama yang tampil saat kita menyalakan laptop, di sinilah biasanya terdapat banyak Icon maupun shortcut dari aplikasi yang sudah terinstal di Windows 10.

Shortcut yang ada di Desktop dimaksudkan untuk memudahkan pengguna saat akan menjalankan aplikasi, karena memang fungsinya sebagai pintasan dari program yang biasa digunakan.

Jika tampilan desktop jadi kosong dan semua icon atau shortcut aplikasi hilang, bukan berarti Sistem Windows rusak. Untuk memunculkannya kembali sangatlah mudah, yaitu dengan mengaktifkan kembali fiturnya dengan cara Klik kanan di Desktop – pilih View – dan aktifkan Show Desktop Icons

cara menampilkan Icon desktop hilang

Bila sobat sudah mengaktifkan “Show Desktop Icons” tetapi shortcut aplikasi di desktop masih belum muncul, bisa jadi tanpa sengaja sobat mengaktifkan fitur Tablet Mode di Windows 10. Untuk menonaktifkannya kembali berikut ini caranya.

  1. Buka Settings dari Start Menu
    Settings windows 10
  2. Kemudian pilih System
    Menonaktifkan tablet mode windows 10
  3. Pada menu Tablet pilih Change additional tablet settings
    Menonaktifkan tablet mode windows 10
  4. Nonaktifkan Tablet Mode
    Menonaktifkan tablet mode windows 10

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi icon atau shortcut aplikasi di desktop yang hilang, semoga dengan cara tersebut bisa menyelesaikan problem laptop yang kalian alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here