Menghilangkan Checkdisk (CHKDSK) saat komputer dihidupkan

Check Disk (CHKDSK) merupakan suatu perintah atau syntax disistem operasi windows, berfungsi sebagai pengecekan terhadap data file sistem. perintah ini akan dijalankan saat komputer pertama kali dihidupkan atau saat direstart.

Penyebab paling utama komputer menjalankan checkdisk otomatis yaitu komputer restart / mati secara tiba-tiba karena kekurangan daya, Contohnya saat mati lampu.

Selain itu, perangkat keras yang tidak support dan masuknya virus yang merusak data sistem juga bisa menyebabkan checkdisk otomatis dijalankan.

Fungsi dari Check Disk :

  • Pengecekan Bad Sector di Harddisk, saat check disk dijalankan sistem akan melakukan pengecekan terhadap bagian harddisk yang mengalami kerusakan.
  • Mengoreksi Kesalahan File Sistem, check disk juga akan melakukan pengecekan file sistem windows yang mengalami kerusakan.
  • Memperbaiki File Sistem rusak, Manfaat paling utama checkdisk akan memperbaiki file sistem windows yang rusak dan mengcopy kan dengan file baru.

Masalahnya proses pengecekan terkadang membutuhkan waktu lama, tergantung dari kapasitas dan banyaknya program maupun data di memory harddisk.

Pada dasarnya proses Check Disk hanya dilakukan satu kali saja jika kita membiarkan nya sampai selesai, Namun ada juga beberapa kasus check disk selalu muncul pada saat komputer dihidupkan meskipun proses nya sudah selesai.

Untuk mengatasinya ada 2 cara, melalui Command Prompt (CMD) atau bisa juga dengan mengedit Registry Windows.

2 Cara Mengatasi Masalah Check Disk Pada Saat Startup

1. Menghilangkan Check Disk dengan CMD

Buka Command Prompt dengan menekan Logo Windows + R lalu ketikkan cmd

cara membuka cmd

Ketikkan Perintah  CHKNTFS  /x kemudian tambahkan Drive Letter partisi harddisk. Contoh pada komputer saya terdapat 3 partisi, yaitu C, D dan E maka perintahnya menjadi CHKNTFS /x C: D: E:

menghilangkan chkdsk melalui cmd

Sesuaikan dengan Drive Letter partisi Harddisk yang kalian gunakan, lalu tekan Enter.

menghilangkan chkdsk melalui cmd

Selanjutnya lakukan restart dan lihat hasilnya, seharusnya check disk sudah tidak dijalankan. Jika Cara pertama masih belum berhasil kalian bisa mencoba dengan cara mengedit registry windows.

2. Menghilangkan Check Disk dengan Mengedit Registry Windows

Buka Run dengan menekan Logo Windows + R lalu ketikkan regedit

membuka regedit

Buka HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Session Manager dan cari BootExecute kemudian klik kanan dan pilih Modify

menghilangkan chkdsk melalui regedit

Di bagian Value Data terdapat kode perintah autocheck autochk *, sebelum tanda bintang tambahkan kode /k: diikuti dengan Drive Letter partisi pada harddisk. Contoh di komputer saya ada 3 partisi, yaitu C, D dan E maka perintahnya menjadi autocheck autochk /k:C /k:D /k:E * 

menghilangkan chkdsk melalui regedit

Sesuaikan dengan Drive Letter partisi harddisk anda, selanjutnya tekan OK dan lakukan Restart pada perangkat komputer atau laptop untuk melihat perubahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here