Cara Mengembalikan Data di Flashdisk Yang Hilang Tanpa Software

Pernah mengalami data yang berada di flashdisk, Hardisk External atau Memory card anda tiba – tiba hilang begitu saja karena virus ?? pasti sangat merepotkan bukan ?? bisa jadi flashdisk anda terinfeksi virus yang menyebabkan data tersebut hilang atau menjadi hidden atau tersembunyi.

Pada dasarnya virus hanya menyembunyikan file – file asli menjadi Super Hidden dan membuat file tiruan nya berupa shortcut. Nah untuk memastikan bahwa file asli yang anda miliki masih ada di Flashdisk tersebut bisa dengan melihat dari Properties Size dari Flashdisk yang anda miliki dengan cara klik kanan di drive flashdisk tersebut dan pilih Properties. Jika kapasitas yang terpakai nya masih sama seeperti sebelumnya atau bisa dikatakan tidak kosong maka bisa dipastikan data yang anda miliki masih aman terkendali.

Penggunaan Anti Virus sangat lah penting untuk menjaga komputer kalian dari kemasukan virus, tidak perlu yang berbayar karena sekarang sudah banyak anti virus yang menawarkan versi Free alias Gratis tanpa biaya apapun.

Lalu bagaimana cara mengembalikan nya lagi ?? Jawaban nya sangat mudah, tanpa perlu bantuan software lain cukup menggunakan Command Prompt atau CMD bawaan dari Windows.

Tutorial mengembalikan data yang hilang karena virus dengan bantuan CMD atau command prompt

1. Lankah Pertama adalah dengan menjalankan Command Prompt atau CMD, ada 2 cara untuk menjalankan nya

  • Cara pertama melalui Start Menu kemudian ketik kan CMD dan klik kanan Run As Administrator

  • Cara yang kedua yaitu dari menu RUN dengan menekan keyboard logo Windows + R maka akan tampil kotak dialog RUN kemudian ketik kan CMD


2. Selanjutnya akan muncul tampilan CMD seperti dibawah ini

3. Langkah selanjutnya adalah dengan mengetikkan Drive Letter Flashdisk, Hardisk External atau Memory Card kalian di ikuti dengan tanda bagi (:), Contohnya F: lalu tekan enter.

Note : Sesuaikan dengan Drive Letter Flashdisk kalian, anda bisa melihat nya di sebelah nama flashdisk yang terlihat di My Computer

4. Langkah yang terakhir adalah dengan mengetik kan perintah berikut di CMD, “attrib -h -s -r /s /d” lalu tekan enter dan tunggu hingga proses selesai

5. Sekarang coba lihat kembali isi flashdisk anda di file explorer, biasanya akan ada 1 folder baru, buka folder tersebut karena file – file lama anda yang ter hidden oleh virus biasanya akan berada di folder tersebut. Segera copy kan untuk Backup dan lakukan Format Flashdisk untuk membersihkan dari virus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here