Pengertian dan Fungsi Command Prompt (CMD) Pada Windows

Apa itu CMD? apa kamu tau pengertian, fungsi dan bagaimana cara menjalankannya?

Dalam pengoperasian komputer berbasis sistem operasi windows, pasti kamu pernah mendengar istilah cmd? atau bahkan kamu pernah menggunakannya.

Terdapat banyak sekali perintah-perintah CMD yang bisa kita manfaatkan untuk memudahkan penggunaan komputer, Seperti mengetahui IP Address, menjalankan suatu aplikasi dan bahkan untuk memperbaiki sistem windows.

Apa itu CMD?

Pengertian cmd adalah sebuah perangkat lunak bawaan pada sistem operasi windows yang berfungsi untuk menjalankan suatu program dengan menggunakan perintah-perintah berbasis teks.

CMD merupakan singkatan dari Command Prompt, sebuah tools yang sudah ada pada sistem operasi windows tanpa perlu menginstalnya secara manual.

Perlu kalian ketahui, bukan hanya Windows yang memiliki fitur ini. CMD pun terdapat pada sistem operasi lainnya, namun dengan nama yang berbeda.

Contohnya Command Line pada OS Linux, Terminal Emulator pada sistem berbasis Android.

Fungsi CMD Pada Windows

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan CMD. Semua program maupun fungsi-fungsi yang terdapat pada windows bisa kita lakukan juga lewat CMD ini, dengan mengetikan perintah DOS berbasis teks kita bsa mengakses suatu aplikasi dan menjalankannya.

CMD juga dapat digunakan untuk memeriksa kondisi harddisk komputer, kita bisa mendapatkan status harddisk masih bagus atau terdapat bad sector dengan mengeceknya secara rutin.

Kemampuannya yang sangat powerfull dalam mengakses windows membuat CMD juga sering disalah gunakan, banyak hacker atau cracker yang mampu membobol jaringan hanya dengan bermodalkan CMD.

Cara menjalankan CMD

Secara umum ada 2 cara menjalankan CMD pada windows, cara yang pertama command prompt dapat dibuka dengan mengetikan cmd pada jendela RUN

  • Tekan Logo Windows + R pada keyboard secara bersamaan
  • Ketikan cmd pada kolom inputan RUN dan tekan Enter
    pengertian dan fungsi cmd

Cara yang menjalankan CMD yang kedua dengan membukanya langsung dari Start Menu

  • Klik Start Menu (Logo Windows di pojok kiri bawah) dan ketik cmd
    pengertian dan fungsi cmd

Contoh perintah-perintah dasar CMD

Rasanya belum lengkap jika kita tidak mencoba beberapa perintah-perintah dasar pada command prompt. Nah cobalah contoh perintah CMD dibawah ini

Tentu contoh diatas hanyalah dasarnya saja, masih banyak yang lainnya dan akan kita bahas di artikel selanjutnya. Sekian pembahasan pengertian CMD dan fungsinya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here