Pengertian dan fungsi hub pada jaringan komputer lengkap

Dalam membangun sebuah jaringan komputer kita memerlukan beberapa perangkat keras agar komputer satu dengan yang lainnya dapat terhubung dengan baik, salah satunya adalah hub. Apa sih hub? Untuk apa fungsinya? dan bagaimana cara kerjanya? Semua itu akan saya bahas lengkap di artikel ini mulai dari pengertian hub, cara kerja, dan juga fungsi hub pada jaringan komputer.

Pengertian Hub

Hub merupakan salah satu bentuk perangkat keras jaringan komputer yang sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN (Local Area Network), umumnya hub digunakan pada topologi jaringan jenis star yang memang membutuhkan sebuah perangkat pusat sebagai penghubung koneksi antar client.

pengertian dan fungsi hub dalam jaringan komputer

Dengan begitu jika hub mengalami masalah atau rusak, maka koneksi pada jaringan komputer akan mati total. Karena hub bertindak sebagai pusat yang menyambungkan seluruh client dan server.

Hub memiliki beberapa port untuk menghubungkan komputer client dan server melalui kabel UTP, biasanya kelipatan dari 4,8,16 dan 24 port. Banyaknya komputer yang dapat terhubung tergantung dari banyaknya port yang dimiliki hub itu sendiri.

Cara kerja Hub

Hub bekerja pada sebuah protocol OSI layer 1 atau Physical Layer sebagai penyambung (Concentrator) dan juga penguat sinyal yang dikirimkan dari sebuah komputer dalam jaringan tersebut melalui kabel UTP.

Setiap paket data yang masuk dari salah satu port hub akan disalin ke port-port hub lainnya, sehingga semua komputer yang tersambung pada hub dapat membaca paket data tersebut.

pengertian dan fungsi hub dalam jaringan komputer

Hub tidak mengenal MAC Address maupun Physical Address sehingga hub tidak bisa memilah paket data yang harus ditransmisikan, hal itu membuat hub rentan terjadi Collisions (bentrokan data) yang tidak bisa dihindari dalam penggunaanya.

Sekilas Hub hampir mirip dengan Switch, karena memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penghubung pada jaringan komputer. Bedanya hub tidak mengatur jalannya lalu lintas data, jadi setiap paket data yang melewati hub akan dikirim (Broadcast) ke semua port yang ada. Berbeda dengan switch yang mampu mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga paket data hanya akan dikirim ke komputer tujuan.

Fungsi Hub dalam jaringan komputer

  1. Sebagai penghubung antar komputer
  2. Membagi jaringan dari server ke komputer client
  3. Sebagai penguat sinyal paket data dan mentransmisikannya ke komputer lain
  4. Memfasilitasi penambahan atau pengurangan client dan juga penambahan workstation
  5. Memberikan penawaran freature yang Fault Tolerance (isolasi kerusakan)
  6. Management jaringan yang tersentralisasi secara keseluruhan
  7. Fleksibel dengan mensupport interface yang berbeda-beda (Ethernet, Toket Ring, serta FDDI)

Jenis – jenis Hub

1. Hub Pasif

Merupakan jenis hub yang paling sederhana, hub pasif hanya berfungsi sebagai pemisah atau pembagi jaringan saja. Dengan kata lain hub pasif hanya melakukan pemecahan jaringan tanpa menguatkan sinyal yang dikirimkan. Hub pasif juga tidak membutuhkan tambahan sumber listrik.

2. Hub Aktif

Hub aktif sering juga disebut Smart Hub, karena selain sebagai penghubung jaringan hub aktif memiliki fungsi tambahan sebagai penguat sinyal dan juga transmisi data pada jaringan local. Oleh karena itu hub aktif membutuhkan daya listrik tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here