Saturday, April 20, 2024
HomeTips & TrickPengertian dan fungsi hub pada jaringan komputer lengkap

Pengertian dan fungsi hub pada jaringan komputer lengkap

Dalam membangun sebuah jaringan komputer kita memerlukan beberapa perangkat keras agar komputer satu dengan yang lainnya dapat terhubung dengan baik, salah satunya adalah hub. Apa sih hub? Untuk apa fungsinya? dan bagaimana cara kerjanya? Semua itu akan saya bahas lengkap di artikel ini mulai dari pengertian hub, cara kerja, dan juga fungsi hub pada jaringan komputer.

Pengertian Hub

Hub merupakan salah satu bentuk perangkat keras jaringan komputer yang sering digunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN (Local Area Network), umumnya hub digunakan pada topologi jaringan jenis star yang memang membutuhkan sebuah perangkat pusat sebagai penghubung koneksi antar client.

pengertian dan fungsi hub dalam jaringan komputer

Dengan begitu jika hub mengalami masalah atau rusak, maka koneksi pada jaringan komputer akan mati total. Karena hub bertindak sebagai pusat yang menyambungkan seluruh client dan server.

Hub memiliki beberapa port untuk menghubungkan komputer client dan server melalui kabel UTP, biasanya kelipatan dari 4,8,16 dan 24 port. Banyaknya komputer yang dapat terhubung tergantung dari banyaknya port yang dimiliki hub itu sendiri.

Cara kerja Hub

Hub bekerja pada sebuah protocol OSI layer 1 atau Physical Layer sebagai penyambung (Concentrator) dan juga penguat sinyal yang dikirimkan dari sebuah komputer dalam jaringan tersebut melalui kabel UTP.

Setiap paket data yang masuk dari salah satu port hub akan disalin ke port-port hub lainnya, sehingga semua komputer yang tersambung pada hub dapat membaca paket data tersebut.

pengertian dan fungsi hub dalam jaringan komputer

Hub tidak mengenal MAC Address maupun Physical Address sehingga hub tidak bisa memilah paket data yang harus ditransmisikan, hal itu membuat hub rentan terjadi Collisions (bentrokan data) yang tidak bisa dihindari dalam penggunaanya.

Sekilas Hub hampir mirip dengan Switch, karena memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penghubung pada jaringan komputer. Bedanya hub tidak mengatur jalannya lalu lintas data, jadi setiap paket data yang melewati hub akan dikirim (Broadcast) ke semua port yang ada. Berbeda dengan switch yang mampu mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga paket data hanya akan dikirim ke komputer tujuan.

Fungsi Hub dalam jaringan komputer

  1. Sebagai penghubung antar komputer
  2. Membagi jaringan dari server ke komputer client
  3. Sebagai penguat sinyal paket data dan mentransmisikannya ke komputer lain
  4. Memfasilitasi penambahan atau pengurangan client dan juga penambahan workstation
  5. Memberikan penawaran freature yang Fault Tolerance (isolasi kerusakan)
  6. Management jaringan yang tersentralisasi secara keseluruhan
  7. Fleksibel dengan mensupport interface yang berbeda-beda (Ethernet, Toket Ring, serta FDDI)

Jenis – jenis Hub

1. Hub Pasif

Merupakan jenis hub yang paling sederhana, hub pasif hanya berfungsi sebagai pemisah atau pembagi jaringan saja. Dengan kata lain hub pasif hanya melakukan pemecahan jaringan tanpa menguatkan sinyal yang dikirimkan. Hub pasif juga tidak membutuhkan tambahan sumber listrik.

2. Hub Aktif

Hub aktif sering juga disebut Smart Hub, karena selain sebagai penghubung jaringan hub aktif memiliki fungsi tambahan sebagai penguat sinyal dan juga transmisi data pada jaringan local. Oleh karena itu hub aktif membutuhkan daya listrik tambahan.

Idhan Rama
Idhan Rama
Call me idan pakai "i" jangan "e"!! manusia introvert yang katanya punya passion di bidang IT, especially web programming. Suka nonton Film superhero, suka ketawa tapi ga bisa ngelawak.
ARTIKEL TERKAIT

Pengertian software dan hardware beserta contohnya pada komputer

Dalam ruang lingkup teknologi informasi khususnya pada perangkat komputer, kita sering mendengar istilah software dan hardware. Tapi tahukah kalian definisi dari kedua istilah tersebut?...

Cara Melihat Password Wifi di Windows 10

Saat laptop berhasil tersambung ke suatu jaringan WiFi, secara otomatis sistem Windows akan menyimpan data informasi dari jaringan tersebut. Termasuk SSID dan juga password...

Pengertian Internet dan sejarah perkembangan Internet di dunia

Di zaman teknologi modern saat ini, penggunaan internet seakan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hampir semua aspek kehidupan mengandalkan yang namanya internet, termasuk dalam pekerjaan. Tapi...

BACA JUGA

Cara sharing printer ke komputer lain lewat jaringan LAN atau wifi

Cara sharing printer ke komputer lain - Kamu pasti pernah melihat di tempat-tempat yang menyediakan layanan print dokumen seperti warnet dan photocopy mereka hanya...

Cara sharing data antar komputer dalam satu jaringan yang sama

Hai Sobat Sharing PC Tutorial, kali ini saya akan membagikan cara sharing data antar komputer dalam satu jaringan yang sama. Maksud dari sharing data disini...

Cara Cek Ping di CMD Untuk Tes Koneksi Internet

Kita bisa dengan mudah mengetahui kualitas suatu jaringan dengan cara cek ping di CMD, dengan melakukan test koneksi internet akan diketahui jika jaringan sedang...

2 Cara menghilangkan Check Disk saat komputer dihidupkan

Cara menghilangkan Check Disk - Check Disk (CHKDSK) merupakan suatu perintah yang ada pada sistem operasi windows, baik itu windows 7, 8 maupun 10....