Pengertian dan fungsi RAM pada komputer yang harus diketahui orang IT

Pengertian RAM

Apa itu RAM?

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory, salah satu Hardware  (komponen perangkat keras) komputer yang sangat penting kegunaanya.

Bila diartikan perkata Random berarti Acak, Access adalah Akses, sedangkan Memory merupakan tempat penyimpanan. Jadi RAM adalah tempat penyimpanan dimana data yang tersimpan dapat diakses secara acak tanpa memperdulikan tata letak data tersebut.

Kalian pasti bingung, apa sih maksud diakses secara acak tanpa perduli tata letak.

Yang dimaksud adalah cara kerjanya. Saat kita mengakses data pada Memory atau media penyimpanan lainnya, contohnya Harddisk yang menyimpan datanya pada lapisan magnetik berbentuk piringan cakram, komputer akan membaca data yang tersimpan secara berurutan berdasarkan letak data tersebut disimpan.

Berbeda dengan RAM yang dapat langsung mengakses data yang diminta tanpa memperdulikan letak data tersebut dalam memori, sehingga memungkinkannya untuk memproses dan memanipulasi data secara cepat.

Selain itu data yang tersimpan pada RAM sifatnya hanya sementara (Tidak permanen), akan hilang saat perangkat dimatikan.

pengertian dan fungsi RAM pada laptop / komputer

Fungsi RAM

Seperti yang sudah saya jelaskan, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Gunanya untuk menyimpan data program atau aplikasi yang sedang berjalan.

Singkatnya RAM akan membantu komputer dalam memproses suatu data yang berhubungan dengan aplikasi didalamnya.

Saat kita menjalankan suatu program maka RAM akan menyimpan informasi tersebut dan meneruskannya ke CPU untuk diproses. Lama waktu proses tersebut tergantung dari kapasitas RAM itu sendiri.

Semakin besar kapasitasnya semakin cepat proses komputer dalam menyimpan, membuka, dan menjalankan program.

Perbedaan RAM dan ROM

  1. ROM (Read Only Memory) merupakan tipe memori dimana data yang tersimpan didalam ROM hanya bisa dibaca dan tidak bisa dimanipulasi oleh komputer. Proses pengisian data pada ROM memerlukan cara khusus.
  2. Data yang tersimpan pada ROM bersifat permanen, tidak mudah hilang ataupun berubah walaupun perangkat komputer dimatikan dan kehilangan daya listrik. berbeda dangan RAM yang menyimpan datanya hanya sementara, akan hilang saat komputer dimatikan.
  3. ROM digunakan untuk proses booting / startup komputer, dengan kata lain ROM dipakai ketika pertama kali komputer dihidupkan. Sedangkan RAM digunakan untuk memproses data ketika komputer sudah masuk sistem operasi (OS).

Contoh ROM pada perangkat komputer yaitu sistem BIOS yang berisi pengaturan program dasar untuk menyiapkan semua komonen di dalam komputer saat dihidupkan.

Nah itulah pengertian dan fungsi RAM pada komputer. Saat ini jenis RAM yang digunakan pada komputer yaitu DDR SDRAM ( Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory ) atau sering juga disingkat DDR RAM. Selengkapnya bisa kalian baca di Jenis jenis RAM DDR pada komputer.

Demikian penjelasan singkat pengertian dan fungsi RAM pada komputer, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here