Pengertian Internet dan sejarah perkembangan Internet di dunia

Di zaman teknologi modern saat ini, penggunaan internet seakan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hampir semua aspek kehidupan mengandalkan yang namanya internet, termasuk dalam pekerjaan.

Tapi tahukah kalian arti internet sebenarnya? Bagaimana sejarah dan perkembangan internet di dunia?

Bagi orang awam menganggap internet merupakan alat untuk megetahui dan mencari informasi dari manapun dan kapanpun mereka berada. Dari segi fungsi hal ini memang benar, internet memudahkan penggunanya untuk terhubung satu sama lain dan berbagi informasi dengan cepat.

Didukung dengan perkembangan perangkat mobile yang semakin maju, akses internet menjadi semakin mudah. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana untuk mengakses internet kita memerlukan sebuah perangkat komputer, atau biasanya dulu saya pergi ke warnet (warung internet).

pengertian internet menurut ahli dan sejarah internet

Untuk menambah wawasan kita tentang pengertian internet dan bagaimana sejarah awal mula internet tercipta, semua akan saya coba bahas di artikel ini.

Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, yang berarti rangkain komputer yang saling terkoneksi atau terhubung satu sama lain.

Jadi pengertian internet adalah suatu jaringan global yang menghubungkan setiap perangkat komputer dengan menggunakan sistem Transmission Control Protocol Suite (TCP/IP). Setiap perangkat yang terhubung memiliki identitas unik berupa kombinasi angka yang disebut dengan alamat IP (Internet Protocol Address).

Internet melibatkan berbagai jenis perangkat dan topologi jaringan yang berbeda-beda sebagai protokol pertukaran data, sehingga memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi, berkomunikasi dan saling bertukar informasi atau tukar menukar data.

pengertian dan macam macam topologi jaringan komputer

Sebagian orang juga menganggap internet adalah singkatan dari international network yang menghubungkan semua tipe dan jenis komputer di seluruh dunia dengan menggunakan alat komunikasi seperti telepon, satelit dan sebagainya.

Pengertian Internet menurut para ahli

  1. Alexander F.K. Sibero

Dalam bukunya yang berjudul “Kitab Suci Web Programming” diterbitkan pada Oktober 2011 oleh Mediakom, menyebut Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan antar jaringan secara global, internet dapat juga disebut jaringan alam atau jaringan yang luas.

  1. Timothy John Berners Lee

Berners Lee seorang ahli yang dikenal karena konsep WWW yang diciptakannya menyebutkan internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini menjelaskan konsep dari internet dimana suatu jaringan komputer lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

  1. Onno W. Purbo

Pengertian internet menurut Onno W. Purbo adalah sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi serperti Website, VoIP, dan E-mail.

  1. Sarwono

Sarwono pernah menjelaskan pengertian internet adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global dan tidak ada seorang pun yang dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

  1. Oetomo

Menurut Oetomo (2012) mengatakan bahwa internet merupakan singkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

Sejarah internet

Pada awalnya internet merupakan jaringan komputer yang diciptakan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network).

Misi awal proyek ini hanyalah untuk keperluan militer saja, tujuannya agar suatu hardware dan software berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan saluran telepon.

Proyek ARPANET ini membuat sebuah sistem jaringan komputer yang terpencar dengan cara menyambungkan beberapa wilayah penting sebagai antisipasi terjadinya masalah seperti serangan dari negara lain dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.

Pada mulanya ARPANET hanya menyambungkan empat situs saja, yaitu Standford Research University, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.

Pada bulan oktober 1972, ARPANET mulai diperkenalkan secara umum dan mendapat dukungan dari seluruh wilayah di negara tersebut. Banyak universitas yang ingin bergabung membuat ARPANET dikembangkan dan dibagi menjadi dua, yaitu MILNET yang khusus untuk pengguna militer dan ARPANET Kecil yang digunakan untuk pengguna non militer seperti sekolah-sekolah dan universitas yang ingin bergabung.

Penggabungan dari MILNET dan ARPANET ini kemudian disebut DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi internet, hingga saat ini internet masih tetap berkembang terus-menerus.

Pada tahun 1982 Protokol standar dari TCP/IP mulai dipublikasikan, lalu kemudian penggunaan nama domain mulai dipakai pada tahun 1984. Dan kini internet sudah bisa digunakan diseluruh dunia.

Dalam perkembangannya terdapat beberapa protokol-protokol internet yang digunakan, yaitu TCF, DNS, IP, SSH, SSL, FTP, Telnet, HTTP, HTTPS, POP3, UDP, IMAP dan SMPTP. Protokol tersebut banyak digunakan untuk layanan Email, File Transfer, IRC, WWW dan Gopher.

Saat ini internet memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan juga perekonomian dunia, hampir semua aspek menggunakan internet sebagai akses informasi secara real time.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here