Pengertian dan fungsi, serta cara kerja firewall

Di era digital saat ini, penggunaan internet menjadi faktor utama dalam perkembangan sebuah perusahaan. untuk itu penggunaan firewall sangatlah penting sebagai perlindungan terhadap asset digital perusahaan dari serangan hacker yang bermaksud mencuri data ataupun merusaknya.

Pengertian Firewall

Firewall merupakan suatu sistem keamanan yang dirancang untuk memantau dan melakukan pengecekan terhadap lalu lintas data yang masuk ataupun keluar pada suatu jaringan.

Setelah dilakukan pengecekan, Firewall akan memberikan otorisasi jika akses tersebut dianggap aman. Sebaliknya, jika dianggap tidak aman dan dapat membahayakan maka akan diblokir.

Dengan kata lain firewall juga bisa disebut sebagai gerbang pembatas yang melindungi jaringan private dengan jaringan publik.

Bentuk firewall sendiri bisa berupa perangkat keras ataupun perangkat lunak, bisa juga kombinasi antara keduanya.

Fungsi Firewall

  1. Untuk mengawasi semua arus paket data yang masuk dan keluar, semua harus melewati firewall sebagai gerbang utama yang akan melakukan pengecekan. Tujuannya untuk menghindari masuknya jaringan yang berasal dari sumber tidak dikenal.
  2. Mengatur dan memfilter siapa saja yang boleh mengakses data pada jaringan private yang dilindungi sesuai dengan kemanan yang telah ditentukan.
  3. Proteksi data perusahaan yang bersifat konfidensial (rahasia), agar tidak mudah dicuri ataupun dimodifikasi oleh pihak luar. Fungsi ini akan menjaga sumber daya perusahaan dari ancaman serangan hacker dan spionase data perusahaan.
  4. Memberikan informasi berupa Log Files setiap kali ada yang mencoba mengakses data, firewall akan mencatatnya dan memberikan statistik untuk pengembangan sistem kemanan selanjutnya.

Cara kerja Firewall

Setiap komputer memiliki ribuan port yang dapat digunakan, firewall akan menutup semua port tersebut kecuali untuk beberapa port yang memang harus terbuka dan juga port yang sengaja dibuka dengan memberikan pengecualian pada setting firewall tersebut, biasanya untuk keperluan pekerjaan.

Saat ini teknologi firewall pun sudah sangat canggih, dahulu firewall memfilter lalu lintas pada suatu jaringan hanya berdasarkan ip, nomor port serta protokol nya. Tetapi saat ini firewall mampu menyaring data dengan mengindentifikasi terlebih dahulu data tersebut.

Jika data yang masuk sesuai dengan aturan yang telah dibuat maka data tersebut akan diterima, sebaliknya jika tidak sesuai maka data akan ditolak.

Baca juga : Cara mematikan firewall di windows 7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here