Apa itu SEO ? Pentingkah Belajar SEO ?

SEO merupakan singakatan dari “Search Engine Optimization”. Sebuah teknik mengoptimalkan halaman sebuah website agar mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, khusus nya Google Search.

Jika kalian baru memiliki sebuah blog atau website, pastinya ingin blog atau website kalian mendapatkan banyak pengunjung.

Apalagi jika jenis website kalian merupakan e-commerce atau website bisnis lainnya, Tentunya untuk meningkatkan penjualan produk, website anda haruslah memiliki peringkat yang baik di mesin pencari guna meningkatkan pengunjung, dengan begitu produk yang kalian jual akan lebih mudah dikenal dan meningkatkan potensi penjualan pada produk tersebut.

Tetapi tidak semua website atau blog memerlukan SEO, Kenapa ?

Karena pada dasarnya SEO meningkatkan traffic pengunjung website yang berasal dari mesin pencari, sedangkan mesin pencari seperti google menampilkan daftar website berdasarkan kata kunci yang diketikan oleh pengunjung tersebut. Artinya kalian akan mendapatkan pengunjung jika kata kunci yang kalian tawarkan juga di cari oleh pengunjung dengan kata kunci yang sama dengan yang dicari pengunjung tersebut.

Sedangkan untuk Blog Personal, Cerita humor atau hiburan sangat jarang orang yang mencari konten tersebut lewat mesin pencari seperti Google. Maka dari itu strategi pemasaran yang mereka gunakan bukan lah SEO, melainkan social media marketing seperti Facebook, Twitter dan juga iklan berbayar.

Teknik SEO terbagi menjadi 2 bagian, yaitu on-page SEO dan off-page SEO.

1. On-page SEO

On-page SEO merupakan optimasi yang dilakukan pada halaman website itu sendiri. ini bertujuan untuk memberitahukan kepada mesin pencari isi dari website anda agar sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung.

Beberapa faktor yang mempengaruhi SEO on-page ini adalah konten, URL, judul, keyword, meta description, media gambar, heading, internal link, social sharing dan juga kecepatan loading website.

2. Off-page SEO

Off-page SEO merupakan kebalikan dari On-page SEO, yaitu upaya optimasi diluar dari website itu sendiri, Faktor utamanya yaitu Backlink.

Backlink merupakan link dari luar website yang mengarah ke website kita. Semakin banyak backlink akan meningkatkan peringkat di hasil pencarian, karena website yang memiliki link dari luar akan mendapat prioritas yang tinggi di mesin pencari.

Akan tetapi tidak semua Backlink dapat meningkatkan rangking website kita di mesin pencari, backlink dari website yang kurang relevan malah akan membuat website kita turun kualitasnya. Oleh karena itu jangan asal menaruh link website kita di website orang lain.

Backlink berkualitas didapatkan dari website-website yang berkualitas pula, ada banyak cara untuk mendapatkanya, salah satunya dengan memanfaatkan social media seperti facebook, twitter, instagram, google plus, dan bahkan youtube.

Social media juga bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan website kita ke banyak orang.

Nah itu pengertian singkat SEO, untuk lebih jelas nya nanti akan kita bahas secara detail dan mendalam di artikel berikutnya,

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here