Pengertian software dan hardware beserta contohnya pada komputer

Dalam ruang lingkup teknologi informasi khususnya pada perangkat komputer, kita sering mendengar istilah software dan hardware. Tapi tahukah kalian definisi dari kedua istilah tersebut? Bagian mana sajakah yang termasuk kedalam software dan hardware?

Software dan hardware merupakan dua hal yang berbeda, tapi keduanya berhubungan satu sama lain dan memegang peranan penting untuk membentuk sebuah perangkat komputer.

Dengan kata lain hardware tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya software, begitupun sebaliknya. Software tidak dapat digunakan tanpa adanya hardware, keduanya tidak dapat dipisahkan.

Pengertian Software

Software dalam Bahasa Indonesia disebut perangkat lunak, merupakan suatu komponen komputer yang tidak memiliki bentuk atau tidak dapat disentuh secara langsung.

Menurut Wikipedia : Pengertian software adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.

Jadi software merupakan suatu program berupa kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer untuk menjalankan suatu perintah dari penggunanya.

Berdasarkan cara distribusinya software dibedakan menjadi:

1. Freeware

Perangkat lunak yang bebas digunakan dan bisa didapat secara gratis tanpa batas waktu tertentu, biasanya fitur yang diberikan pada software jenis ini kurang lengkap dan tidak maksimal.

2. Shareware

Merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan secara gratis dalam jangka waktu tertentu, biasanya selama 30 hari dengan maksud memberikan penggunanya untuk mencoba software tersebut sebelum membelinya.

Jika sudah melewati batasan waktu yang diberikan, pengguna diharuskan melakukan aktivasi dengan membeli serial number dari si pembuatnya.

3. Adware

Perangkat lunak yang bisa didapatkan secara gratis dan bebas digunakan oleh siapa saja, akan tetapi dengan kompensasi adanya iklan yang muncul.

4. Spyware

Perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan memata-matai aktivitas si penggunanya, biasanya digunakan untuk mencuri data dari komputer lain.

5. Open Source

Perangkat lunak ini bersifat gratis, bebas digunakan, dimodifikasi dan dapat disebarluaskan kembali. Biasanya software open source ini dikembangkan oleh perorangan ataupun komunitas dengan menggunakan lisensi GPL (General Public License).

Contoh Software

Berdasarkan jenisnya software terbagi menjadi 3, yaitu sistem operasi, Bahasa pemprograman dan aplikasi program.

1. Sistem operasi (Operating System)

Perangkat lunak inilah yang harus ada dan terinstal di setiap komputer, bertugas sebagai pengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer.

Contoh software sistem operasi : Windows, Linux, Unix, DOS

2. Bahasa pemrograman (Programming Language)

Software ini berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik sebagai pendefinisian suatu aplikasi komputer.

Contoh software pemrograman: Java, PHP, Visual Basic, Phyton, C++, C#

3. Program Aplikasi

Software yang memiliki fungsi dan kegunaan tertentu yang dibuat dengan Bahasa pemrograman. Misalnya untuk akuntansi, mengolah kata, mengambil gambar screenshot, mengedit foto dan lain sebagainya.

Contoh program aplikasi: Microsoft office, Zahir, Adobe photoshop, Rufus

Pengertian Hardware

Setelah kamu membaca pengertian software yang sudah dijelaskan tadi, pastinya kamu sekarang sudah punya sedikit gambaran apa itu hardware.

Hardware dalam Bahasa Indonesia disebut perangkat keras, pengertian hardware sendiri merupakan kebalikan dari software. Yaitu komponen komputer yang memiliki bentuk, bisa disentuh dan dapat dilihat secara kasat mata.

Seperti yang kita tahu, sebuah komputer terdiri dari beberapa komponen fisik yang saling berkaitan dan memiliki fungsinya masing-masing.

Setiap komponen-komponen fisik tersebut membentuk suatu kesatuan dan saling bekerja sama untuk menterjemahkan Bahasa mesin menjadi informasi yang mudah dimengerti manusia.

Jika salah satunya mengalami kerusakan, maka proses kerja komputer untuk mengolah informasi atau data tidak akan berjalan dengan baik.

Komponen-komponen pada perangkat komputer itulah yang dinamakan dengan hardware atau perangkat keras komputer.

Jenis jenis Hardware

1. Input Device

pengertian software dan hardware beserta contohnya

Komponen ini digunakan untuk memasukan data ke komputer, selanjutnya data akan diproses untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan penggunanya.

Input device juga bisa dikatakan sebagai alat berinteraksi antara pengguna dengan sistem komputer, baik itu untuk mengontrol maupun mengolah data.

Contoh Hardware Input: Keyborad, Mouse, Gamepad, Webcam, Microphone

2. Process Device

pengertian software dan hardware beserta contohnya

Nah Process Devices ini merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memproses setiap data dan informasi yang dimasukan pengguna ke dalam komputer.

Hardware jenis Process device ini merupakan komponen utama pada perangkat komputer, dengan kata lain Process devices adalah otak dari sebuah komputer.

Contoh Hardware Process: Mainboard, Processor, VGA, RAM, Power Supply

3. Output Devices

pengertian software dan hardware beserta contohnya

Output device digunakan untuk menampilkan data dan informasi kepada penggunanya, data yang dikeluarkan merupakan data yang diterima dari Input Device dan sudah di proses oleh Process device.

Contoh Hardware Output: Monitor, Printer, Speaker

4. Storage Device

pengertian software dan hardware beserta contohnya

Storage device merupakan media penyimpanan yang dapat menyimpan data dan informasi baik di dalam maupun diluar komputer. Komponen ini sangat penting, karena disinilah data sistem operasi dan file-file pendukung lainnya akan disimpan.

Contoh Hardware Storage: Harddisk internal dan eksternal, Flashdisk, Memory Card

5. Periferal Devices

Perangkat tambahan yang berfungsi untuk membantu komputer dalam menangani perintah dari penggunanya. Biasanya perangkat tersebut dihubungkan ke komputer dengan bantuan kabel ataupun wifi.

Contoh Periferal Devices: Modem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here