Penyebab dan cara mengatasi startup repair windows 7 berulang-ulang

Penyebab dan cara mengatasi startup repair – Pernahkan kamu mengalami saat menyalakan laptop tetapi sistem operasi windows malah menampilkan startup repair? Bahkan setelah merestart pun masalah ini masih tetap muncul sehingga laptop jadi tidak bisa digunakan.

Masalah gagal booting ini memang sangat menjengkelkan, dan bisa terjadi kapan saja pada laptop atau komputer yang kamu gunakan. Sebetulnya startup repair ini merupakan fitur yang ada pada sistem operasi windows, dimana sistem operasi tersebut akan memperbaiki dirinya sendiri.

cara mengatasi startup repair windows 7 berulang-ulang

Biasanya proses startup repair ini membutuhkan waktu beberapa menit saja, kamu hanya perlu menungu sampai selesai dan windows akan kembali berjalan dengan normal.

Penyebab startup repair pada windows

1. File sistem windows yang rusak

Sistem operasi windows memiliki ratusan bahkan ribuan file pendukung untuk dapat berjalan dengan baik, biasanya saat menginstal windows file-file tersebut akan tersimpan pada drive C.

Jika salah satu file tersebut Corrupt atau rusak meka otomatis windows akan menjalankan startup repair untuk memperbaikinya, biasanya fitur ini akan aktif saat kita merestart laptop.

Kerusakan file sistem bisa disebabkan karena virus, untuk itu sebaiknya kamu memproteksi laptop dengan memasang antivirus untuk mencegah hal tersebut.

Baca juga: Daftar antivirus gratis terbaik yang terbukti ampuh

2. Kesalahan saat menginstal Driver

Penyebab munculnya startup repair saat menyalakan laptop juga bisa disebabkan karena adanya kesalahan saat menginstal driver pendukung, biasanya driver tersebut tidak cocok dengan hardware yang digunakan.

Ini akan menyebabkan sistem operasi windows mengalami gagal booting dan otomatis menjalankan startup repair.

3. Ada file sistem yang hilang

Bisa saja saat kamu sedang melakukan perawatan windows dengan cara membersihkan file-file sampah baik itu menggunakan aplikasi khusus maupun secara manual, dengan tidak sengaja menghapus atau memindahkan file yang dibutuhkan sistem operasi windows.

Baca juga: Cara mengatasi komputer tidak bisa masuk BIOS

Cara mengatasi startup repair windows 7 yang berulang-ulang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stratup repair ini merupakan fitur yang akan memperbaiki kerusakan pada sistem operasi windows secara otomatis. Kita hanya perlu menunggu prosesnya sampai selesai.

Akan tetapi kadang fitur ini mengalami kegagalan atau dengan kata lain tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga menyebabkan windows menjalankan startup repair yang berulang-ulang.

Berikut ini langkah-langkah mengatasi startup repair yang berulang-ulang:

  1. Jalankan startup repair seperti biasa, setelah gagal akan muncul pesan Windows cannot repair this computer” klik pada bagian View advanced options for system recovery support
    cara mengatasi startup repair windows 7 berulang-ulang
  2. Pilih Command Prompt dan masuk ke partisi tempat penyimpanan file windows dengan cara mengetikan C: dan tekan Enter (Jika kalian menyimpannya di partisi C)
  3. Ketikan perintah  cd C:\Windows\system32\config  perhatikan perintah command prompt tersebut dengan cermat, besar/kecil huruf tidak berpengaruh
  4. Selanjutnya ketikan perintah  dir  dan tekan enter, pastikan file dan folder RegBack, DEFAULT, SAM, SECURITY, SOFTWARE, SYSTEM ada pada direktori tersebut
    cara mengatasi startup repair windows 7 berulang-ulang
  5. Backup terlebih dulu untuk berjaga-jaga dengan cara mengetikan perintah  MD mybackup  dan tekan enter, perintah tersebut untuk membuat folder baru bernama mybackup
  6. Lanjutkan proses backup dengan perintah  copy *.* mybackup  dan tekan enter, jika muncul pertanyaan Overwrite Files tekan A dan enter
  7. Masuk ke folder RegBack dengan mengetikan perintah  CD Regback  kemudian tekan enter
  8. Tampilkan kembali isi pada folder RegBack dengan perintah  dir  dan tekan enter, pastikan file berikut ini ada dan ukuran filenya tidak 0 Kb
    – DEFAULT
    – SAM
    – SECURITY
    – SOFTWARE
    – SYSTEM
  9. Selanjutnya ketikan perintah  copy *.* ..  dan tekan enter untuk menyalin isi folder RegBack ke dalam folder Config, jika muncul peringatan Overwrite Files tekan A
  10. Ketik perintah  exit  untuk menutup jendela command prompt dan restart komputer

Untuk mengatasi startup repair yang berulang-ulang juga bisa dengan menggunakan DVD instalasi windows, jika kamu tidak memilikinya baca artikel Cara membuat Flashdisk Bootable windows dengan rufus. Pada menu setup windows pilih Repair your computer kemudian pilih System Recovery Options dan jalankan langkah-langkah seperti diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here